Dikritik Karena Sebut ‘Punya Anak Tambah Masalah’, Ini Tanggapan Rina Nose

Rina Nose pernah mengungkapkan bahwa dirinya tak ingin memiliki anak. Ia punya alasan tersendiri atas keputusan itu.

Perempuan berusia 39 tahun itu merasa dirinya sudah punya banyak masalah dalam hidup. Menurutnya, memiliki anak akan membuat permasalahan makin kompleks.

“Hidup sudah banyak masalah nih. Nanti kalau tambah anak itu akan menambah masalah, sudah pasti,” ujar Rina Nose saat hadir di podcast milik Melaney Ricardo.

Pernyataan Rina untuk tidak mempunyai anak tersebut mendapat kritikan dari seorang TikToker. Menurutnya, pernyataan Rina tersebut tidak bisa dijadikan acuan, karena ia belum pernah merasakan punya anak.

“Kayak dia pernah punya anak saja. Apa pun testimoni dia tentang punya anak itu menjadi invalid. Karena dia saja enggak pernah ngalamin. Jangan jadiin orang-orang seperti ini sebagai kiblat. Tujuan kita berbeda. Ada anak atau gak ada anak itu semua ada ujiannya masing-masing,” ungkap perempuan dalam video TikTok.

Melihat pernyataannya dikomentari, Rina Nose pun buka suara. Menurutnya, saat itu ia juga tidak menduga bahwa dirinya akan diberi pertanyaan soal anak. Jawaban yang ia lontarkan pun adalah jawaban spontan.

Karena hal tersebut, pernyataannya tentang anak itu menjadi disalahpahami. Rina menjelaskan bahwa yang ia maksud sebagai sumber masalah bukanlah anaknya, tetapi dirinya sendiri.

“Gak ada susunan narasi yang tepat sebelumnya, akhirnya apa yang ditangkap sama orang jadi menjauh dari maksud yang sebenarnya. Padahal yang dimaksud masalah itu bukan anaknya sebagai sumber masalah, melainkan saya sendiri,” kata Rina dalam video yang diunggah di akun TikTok miliknya.

Rina mengatakan, ia telah memahami tentang dirinya seperti apa dan bagaimana ketika ia emosi. Hal itu juga menjadi salah satu pertimbangan dirinya ketika memutuskan untuk tidak punya anak.

Rina mengakui, dirinya setuju dengan pendapat perempuan itu. Hanya saja, kini Rina sudah menyadari letak permasalahannya itu di mana.

“Jadi, saya akan mencoba meminimalisir masalah-masalah lain. Bahkan, kalau perlu mencegah permasalahan yang belum terjadi,” tuturnya.

Lebih lanjut, Rina menyinggung pula pendapat perempuan itu tentang dirinya yang belum pernah merasakan punya anak. Rina menuturkan bahwa keputusannya tidak punya anak juga didasari dari penglihatannya terhadap pengalaman orang-orang di sekitarnya.

Rina juga menekankan keputusannya tersebut tidak seharusnya dijadikan sebagai kiblat. Ia berpesan kepada masyarakat agar tidak mudah terpengaruh dengan ucapan orang lain.

“Saya mengutarakan kalimat ini sebagai jawaban saya ketika ditanya kapan punya anak ya jawaban saya begini, kalau kalian punya jawab lain jawab masing-masing jangan ikut-ikutan jawaban saya,” pungkas Rina Nose.(Sumber)