News  

Karang Kontol di Geopark Sukabumi Jadi Destinasi Idaman Baru Para Turis Asing

Karang Kontol di Geopark Ciletuh, tepatnya di wilayah Pantai Cikepuh, Desa Mandrajaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, banyak diminati wisatawan asing.

Korwil Selatan Balawisata (Life Guard), Moh Piat Supriatna, mengatakan, sekitar 30 wisatawan dari Timur Tengah berwisata ke Karang Kontol pada momen libur Imlek 2023.

 

Padahal, dulu Karang Kontol dikenalkan pemandu wisata hanya saat melintas ketika akan ke Batu Batik atau ke Pantai Cikepuh.

“Sekarang mah jadi ada minat khusus, tujuan khusus ke Karang Kontol, dari Jakarta saya pernah bawa dari Timur Tengah pun saya pernah bawa. Untuk Imlek ini kemarin ada sekitar 30 orang ke sana. Kalau kemarin dari Sudan, kalau enggak salah,” ujar Piat via telepon, Senin (23/1/2023).

Penampakan Karang Kontol yang viral di Pantai Cikepuh, Geopark Ciletuh, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Penampakan Karang Kontol yang viral di Pantai Cikepuh, Geopark Ciletuh, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. (Dok Andri Hidaya Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi)

Piat mengatakan, wisatawan diantarkan pemandu wisata setempat dari Pantai Palangpah Ciletuh menggunakan perahu, dengan waktu tempuh sekitar 20 menit.

“Berangkat dari Pantai Palangpang sampai ke sana kurang lebih 20 menit,” katanya.

Baca juga: Viral Tempat Wisata Karang Kontol di Geopark Ciletuh Sukabumi, Hanya Bisa Dikunjungi Pakai Perahu

Menurutnya, Karang Kontol jadi diminati setelah keberadaannya viral.

Tak hanya wisatawan mancanegara, wisatawan lokal pun banyak berdatangan.

“Saya pernah bawa dari Jakarta, tapi dia Cina-nya ada, lokalnya juga ada,” ucapnya. (Sumber)