Selebgram Elsya Sandria Laporkan Bos Travel Umrah Gelapkan Rp.1,8 Miliar Milik 106 Orang Korban

Polisi menangkap Chaisya Virginia Gitara (38 tahun), bos travel umrah yang membawa kabur uang Rp 1,8 miliar dari 106 orang.

“Penangkapan itu berdasarkan laporan dari Elsya Sandria dan keluarganya,” kata Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol Bismo Teguh Prakoso, Kamis (2/2).

Elsya dan 10 orang keluarganya telah menyetorkan uang Rp 200 juta, namun hingga tanggal yang disepakati yakni 22 Desember 2022 mereka tidak juga berangkat umrah.

“Hasil interogasi terhadap pelaku, ternyata ada 106 orang lainnya yang belum berhasil diberangkatkan dan telah melewati deadline janji. Total kerugian Rp 1,8 miliar,” kata Bismo.

Chaisya menjalankan sendiri biro umrahnya sejak 2020. Dari awal, ia menetapkan harga murah yakni Rp 5 sampai Rp 12,5 juta sementara harga normalnya Rp 20 juta.

“Kekurangannya ia tutup dari dana peserta lain,” kata Kasat Reskrim Polresta Bogor Kota, Kompol Rizka Fadhila.
Polisi telah menyita bukti percakapan, rekening koran, puluhan buku rekening, sertifikat vaksinasi, perlengkapan umrah, hingga paspor para korban.

Chaisya telah ditahan dan terancam hukuman 4 tahun penjara atas pelanggaran Pasal 372 juncto 378 KUHP.
Polresta Bogor Kota membuka posko pengaduan untuk masyarakat yang mendaftar umrah lewat biro milik Chaisya Virginia Gitara itu.(Sumber)