5 Pebulutangkis Keturunan Indonesia yang Bersinar Bersama Negara Lain

ADA 5 pebulu tangkis keturunan Indonesia yang bersinar bareng negara lain akan dibahas dalam artikel ini. Meski Indonesia dikenal dengan prestasi mentereng di olahraga bulu tangkis, ternyata ada sejumlah atlet tepok bulu keturunan Indonesia, yang tak membela Merah Putih.

Menariknya, pebulu tangkis keturunan itu justru bisa bersinar bersama negara lain. Lantas, siapa saja pebulu tangkis yang dimaksud?

Berikut 5 pebulu tangkis keturunan Indonesia yang bersinar bareng negara lain:

5. Alyssa Tirtosentono

Alyssa Tirtosentono

5 pebulu tangkis keturunan Indonesia yang bersinar bareng negara lain dimulai dari Alyssa Tirtosentono. Dari namanya, pebulu tangkis 22 tahun ini sudah kental dengan Indonesia.

Namun, Alyssa Tirtosentono tak bermain untuk tim bulu tangkis Merah Putih. Ia diketahui bermain untuk tim bulu tangkis Belanda. Kendati mentas di luar Indonesia, ia tercatat pernah tiga kali juara di turnamen besar Eropa di nomor ganda putri.

4. Lianne Tan

Lianne Tan

Selanjutnya ada Lianne Tan. Saat ini ia bermain di nomor tunggal putri bersama tim bulu tangkis Belgia. Meski begitu, Lianne Tan tercatat sukses menjuarai sejumlah turnamen bulu tangkis internasional. Di antaranya, Maroko International, Estonia Internasional, dan Brasil Internasional.

3. Ade Resky Dwi Cahyo

Ade Resky

 

Kemudian ada Ade Resky Dwi Cahyo. Pebulu tangkis 24 tahun ini bermain untuk tim bulu tangkis Azerbaijan.

Ade Resky sendiri bermain di nomor tunggal putra dan ganda putra. Selama mentas bersama Azerbaijan ia diketahui sudah menjuarai turnamen di Eropa. Terbaru ia sukses memenangkan turnamen di Malta usai mengandaskan Dimitar Yanakiev (21-19, 17-21, dan 21-14).

2. Alex Yuwan Tjong

Alex Yuwan Tjong

Di posisi kedua ada Alex Yuwan Tjong, yang diketahui memiliki darah keturunan Indonesia. Kabarnya, Alex Yuwan Tjong punya darah keturunan Indonesia dari ayahnya yang berasal dari Lombok dan ibunya dari Palembang.

Namun saat ini, ia membela tim bulu tangkis Brasil. Secara raihan prestasi ia cukup moncer dengan menjuarai kompetisi bulu tangkis di daratan Amerika Selatan. Bersama pasangannya di sektor ganda putra, Hugo Arthuso, ia mampu juara di Argentina dan Kolombia.

1. Angus Ng Ka Long

Angus Ng Ka Long

Selanjutnya ada Angus Ng Ka Long, salah satu pebulu tangkis yang saat ini membela tim Hong Kong. Meski tak bermain untuk Merah Putih, Angus Ng Ka Long pernah jadi juara dunia di level junior.

Catatan itu diraih olehnya ketika membawa pulang medali emas di BWF World Junior Championships pada 2012. Ketika itu, Angus Ng Ka Long bermain di nomor ganda putra. Bersama rekannya Lee Chun Hei ia menumbangkan wakil Jepang, Takuto Inoue/Yuki Kaneko (21-16 dan 21-17).