Pallu Mara Haruan Ala Hetifah dan Patin Kukus Ala Chamsiar

Pallu Mara Haruan Ala Hetifah dan Patin Kukus Ala Chamsiar Radar Aktual

Jelang pemilihan legislatif (pileg) 2019, para politikus perempuan Partai Golkar disibukkan dengan sosialisasi di daerah pemilihan (dapil) masing-masing. Tak terkecuali, Hetifah yang menjadi caleg DPR RI dapil Kalimantan Timur (Kaltim) nomor urut 1 dan Chamsiar, caleg DPRD DKI Jakarta dapil Jakarta Timur (Jaktim) V nomor urut 5.

Namun, di tengah kepadatan jadwal, mereka selalu menyempatkan diri memasak untuk keluarganya. Jadi menarik, karena lauk pilihannya adalah ikan, yang butuh kesegaran dan terbilang lebih rumit untuk diolah. Hetifah memilih ikan Haruan sebagai bahan dasarnya, sedangkan Uni Ikam – panggilan akrab Chamsiar memilih Patin.

“Saya sering memasak masakan berbahan dasar ikan Haruan, karena berasal dari Mahakam, sungai besar yang membelah 10 kabupaten/ kota di dapil saya Kaltim. Saya akan memasak Palumara, tapi dengan bumbu-bumbu khas Kutai.” ujar Ketua Umum PP KPPG ini. Ikan Haruan ini di daerah lain disebut Ikan Baung atau Ikan Gabus.

Ikan Haruan sendiri di pulau Kalimantan biasanya disajikan Masak Habang, berbumbu merah dengan rasanya yang pedas atau Betanak, kaya santan kelapa dengan rasanya yang gurih. Sedangkan Pallumara ini selain peda juga cukup menonjol rasa asamnya. Rasa asamnya berasal dari 2 bahan tambahan berupa belimbing dan tomat.

“Selain rasa asam yang dihasilkan tomat hijau dan belimbing sayur hasil panen kebun sendiri sebagai pengganti asam Jawa, saya juga mencampurkan cabai rawit untuk menimbulkan rasa pedas, sekedar untuk membangkitkan selera makan,” ucap Wakil Ketua Komisi X DPR RI ini. Hetifah mengaku, suami dan anak-anaknya sangat menyukai masakannya ini.

Sementara Uni Ikam memilih memasak Patin Kukus di dapur Resto Munik yang menyajikan beragam makanan tradisional nusantara di bilangan Matraman.

“Ikan patin itu selain enak juga banyak manfaatnya. Buat kita yang gaya hidupnya kurang sehat, Ikan patin bisa bantu cegah penyakit jantung dan kolesterol. Manfaat lainnya juga banyak loh!” tutur aktivis perempuan Pemuda Panca Marga ini.

Wasekjen Kowani ini dengan cekatan menyiapkan bumbu-bumbu untuk disiramkan di atas ikan Patin. “Bumbu-bumbunya banyak. Mulai bawang merah, bawang putih, bawang bombai, daun bawang, cabe rawit, cabe merah dan terpenting yang membuat aromanya bikin nafsu makan adalah tauco. Sedap!” ucap Uni Ikam. Proses memasak dengan mengkukus juga tak banyak makan waktu.

Hidangan Pallumara Haruan ala Hetifah dan Patin Kukus ala Chamsiar membuktikan, politisi perempuan Partai Golkar tak hanya hebat dalam lobi dan wawasan politik tapi juga piawai menyajikan hidangan bagi keluarganya. Tak hanya sosialisasi diri ke masyarakat namun juga mengurus keluarga dengan hidangan sehat bergizi. Layak bila mereka berdua dijuluki Chef!