Airlangga Hartarto Puncaki Klasemen Daftar Menteri Terpopuler Partai Golkar di Kabinet Indonesia Maju Periode Januari 2023

Ketua Umum Partai Golkar yang sekaligus menjabat sebagai Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto menjadi menteri dari Partai Golkar, yang paling banyak mendapat publikasi pemberitaan sepanjang bulan Januari 2023. Partai Golkar sendiri memiliki lima pos menteri di Kabinet Indonesia Maju.

Pertama tentunya adalah Airlangga Hartarto sebagai Menko Perekonomian. Ia menjabat sebagai Menko Perekonomian sejak awal kabinet ini terbentuk setelah sebelumnya di Kabinet Kerja, Airlangga Hartarto duduki pos jabatan sebagai Menteri Perindustrian RI. Airlangga Hartarto menjadi tulang punggung perekonomian di dua periode kepemimpinan Presiden Jokowi atas kapasitas dan kapabilitasnya mengelola ekonomi Indonesia.

Kinerjanya tidak main-main, ia berhasil menstabilkan bahkan tetap menjaga laju pertumbuhan ekonomi Indonesia di saat negara lain terimbas krisis akibat dari adanya pandemi Covid-19. Untuk bulan Januari 2023, Airlangga Hartarto memiliki jumlah pemberitaan sebanyak 8.721 berita.

Jumlah tersebut sekaligus menjadikan Airlangga Hartarto sebagai tokoh Partai Golkar yang paling banyak mendapatkan pemberitaan sepanjang Januari 2023. Figur Airlangga Hartarto bisa dikatakan sebagai Key Opinion Leader utama dari Partai Golkar.

8.721 jumlah pemberitaan yang dimiliki Airlangga Hartarto menghasilkan reach yang sangat besar yakni sebanyak 76,3 juta jangkauan. Selain itu, tone atau sentimen publik pun didominasi oleh reaksi positif. Tercatat, pemberitaan mengenai Airlangga Hartarto mempunyai tone 86,7% positif dan 13,3% negatif.

Pemberitaan terkait Airlangga Hartarto antara lain adalah terkait dengan bergabungnya Ridwan Kamil ke Partai Golkar. Nama Airlangga Hartarto turut melekat dalam keberhasilan Partai Golkar menggaet Ridwan Kamil. Lalu kemudian terkait dengan penolakan Partai Golkar terhadap penundaan sistem proporsional tertutup Pemilu 2024. Ada pula pemberitaan mengenai silaturahmi antara Partai Golkar dan Partai Nasdem.

Sebagai Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto mendapat pemberitaan populer dari dibukanya kembali pendaftaran Kartu Prakerja untuk tahun 2023. Lalu mengenai peringatan Airlangga Hartarto terkait dengan kondisi ekonomi tahun 2023. Serta, keterangan Airlangga Hartarto mengenai keketuaan Indonesia untuk Asean pada tahun 2023.

Menteri Kabinet Indonesia Maju dari Partai Golkar kedua yang mendapatkan publisitas pemberitaan terbesar adalah Menteri Koordinator Maritim dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan. Di Partai Golkar, Luhut Binsar menjabat sebagai Ketua Dewan Penasehat.

Untuk Januari 2023, Luhut Binsar Pandjaitan, mendapatkan publikasi pemberitaan sebesar 3.254 berita. Berbeda dengan Airlangga Hartarto yang konten pemberitaannya berimbang antara aktivitas di kabinet dan Partai Golkar, pemberitaan mengenai Luhut didominasi kinerjanya sebagai Menko Marves.

Pemberitaan mengenai Luhut Binsar diantaranya adalah keinginan Luhut Binsar Panjaitan agar pemerintah memberikan subsidi sebesar Rp. 7 juta rupiah untuk konsumen kendaraan listrik. Lalu terkait julukan Haman yang dilontarkan Cak Nun kepada Luhut Panjaitan dan Firaun kepada Presiden Jokowi. Serta pemberitaan mengenai pertemuan antara Luhut Panjaitan dan Surya Paloh.

3.254 pemberitaan mengenai Menko Marves, Luhut Binsar Panjaitan tersebut menghasilkan 27,4 juta jangkauan. Tone yang terbentuk terhadap Luhut Binsar Panjaitan di bulan Oktober 2022 didominasi sentimen negatif, yakni sebesar 21,1% positif dan 78,9% negatif.

Menteri Kabinet Indonesia Maju dari Partai Golkar yang paling banyak mendapatkan pemberitaan di posisi selanjutnya adalah Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali.

Sepanjang Januari 2023, Wakil Ketua Dewan Pembina DPP Partai Golkar ini mendapatkan jumlah pemberitaan sebanyak 2.547 pemberitaan dan menghasilkan reach sebesar 23,8 juta jangkauan. Tone yang terbentuk atas pemberitaan Zainudin Amali adalah 79,3% positif dan 20,7% negatif.

Pemberitaan mengenai Zainudin Amali didominasi oleh rencana Menpora untuk menyiapkan payung hukum guna perbaikan sepakbola nasional. Kemudian rencana Zainudin Amali mencalonkan diri sebagai Waketum PSSI juga masih menjadi sorotan yang menarik. Lalu tentang izin yang diberikan oleh Presiden Jokowi kepada Menpora Zainudin Amali untuk maju sebagai Calon Waketum PSSI.

Keempat ada nama Agus Gumiwang Kartasasmita (AGK), yang menjabat sebagai Menteri Perindustrian RI. Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini pada Januari 2023 mendapat 511 pemberitaan. Pemberitaan yang dihasilkan oleh Agus Gumiwang Kartasasmita mencatatkan reach sebesar 4,1 juta jangkauan. Pemberitaan mengenai AGK, didominasi sentimen positif, yakni sebanyak, 89,7% sentimen positif dan 10,3% negatif

Pemberitaan mengenai AGK diantaranya adalah mengenai pemberlakuan B35 untuk bahan bakar diesel. Kemudian rencana pemberlakuan subsidi yang diberikan untuk pembeli kendaraan listrik. Selanjutnya ada penjelasan Agus Gumiwang Kartasasmita mengenai rasa senang Presiden Jokowi terhadap kinerja perindustrian RI yang membuat negara ini jadi primadona di kalangan investor.

Menteri Kabinet Indonesia Maju kelima sekaligus terakhir dari Partai Golkar yang terpopuler berdasar kuantitas pemberitaan adalah Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga. Pada Januari 2023, Ketua Umum AMPI ini mendapatkan 211 pemberitaan. Pemberitaan terhadap Jerry Sambuaga menghasilkan 742.295 jangkauan. Tone yang didapat Jerry Sambuaga cukup baik yakni, 93,8% positif dan 6,3% negatif.

Pemberitaan mengenai Jerry Sambuaga antara lain adalah perayaan Natal yang digelar DPP AMPI di Kantor DPP Partai Golkar. Lalu isu reshuffle kabinet yang turut menyeret nama Jerry Sambuaga, tetapi ia terseret lantaran diwacanakan menjabat sebagai Menkominfo. Dan ada pula kabar mengenai Wamendag Jerry Sambuaga yang meninjau langsung kondisi harga di pasar tradisional.

Demikianlah 5 menteri dari Partai Golkar yang berkarya di Kabinet Indonesia Maju. Daftar ini bisa berubah pada bulan-bulan berikutnya, tergantung bagaimana kinerja para menteri disorot oleh media pemberitaan. Selamat untuk Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto menjadi yang terpopuler untuk bulan Januari 2023. Semoga Airlangga Hartarto semakin dikenal oleh publik dan kinerjanya dirasakan oleh khalayak rakyat Indonesia.

Berikut daftar lengkap kuantitas pemberitaan 5 kader Golkar di Kabinet Indonesia Maju:

Menteri Partai Golkar Terpopuler Berdasar Kuantitas Pemberitaan di Kabinet Indonesia Maju Periode Januari 2023

1. Airlangga Hartarto
Menko Perekonomian RI
Total: 8.721 pemberitaan
Reach: 76,3 juta jangkauan
Tone: 86,7% positif dan 13,3% negatif

2. Luhut Binsar Panjaitan
Menko Marves RI
Total: 3.254 pemberitaan
Reach: 27,4 juta jangkauan
Tone: 21,1% positif dan 78,9% negatif

3. Zainudin Amali
Menpora RI
Total: 2.547 pemberitaan
Reach: 23,8 juta jangkauan
Tone: 79,3% positif dan 20,7% negatif

4. Agus Gumiwang Kartasasmita
Menteri Perindustrian RI
Total: 511 pemberitaan
Reach: 4,1 juta jangkauan
Tone: 89,7% positif dan 10,3% negatif

5. Jerry Sambuaga
Wakil Menteri Perdagangan RI
Total: 211 pemberitaan
Reach: 742.295 jangkauan
Tone: 93,8% positif dan 6,3% negatif {golkarpedia}