Usai Tes Pramusim MotoGP 2023 di Sirkuit Sepang, Franco Morbidelli: Motor Yamaha Masih Ada Kekurangan

Pembalap Tim Monster Enegy Yamaha, Franco Morbidelli merasa masih ada kekurangan yang dirasakannya dari motor YZR-M1 usai menjalani tiga hari tes pramusim MotoGP 2023 di Sirkuit Sepang, Malaysia. Ia pun berharap hal negatif itu bisa dibereskan Yamaha saat menjalani tes pramusim selanjutnya di Sirkuit Portimao, Portugal.

Jika melihat waktu gabungan dari tiga hari uji coba, kekecewaan jelas didapat oleh dua pembalap Yamaha. Fabio Quartarari hanya berada di urutan ke-17 dan Morbidelli berada tiga tempat di belakangnya.

Hasil itu lantas membuat Morbidelli tidak puas karena ia menemukan masih ada banyak kekurangan dari motor baru Yamaha. Ia pun berharap segala masalah itu bisa diselesaikan sebelum MotoGP 2023 dimulai.

Franco Morbidelli

“Pada Minggu kami memiliki aspek yang sangat negatif dari segi time attack. Sayangnya, saya hanya berhasil melakukannya satu kali sebelum hujan,” kata Mobidelli dilansir dari Speedweek, Rabu (15/2/2023).

“Namun, saya tidak bisa melakukannya lebih baik dengan mencoba lagi. Dengan ban baru dan tangki setengah kosong, Yamaha tidak bekerja untuk putaran cepat. Di sisi lain, saya tidak punya masalah dengan ban baru dan konfigurasi balapan dengan tangki penuh,” tambahnya.

“Itu negatif, tapi saya pikir tim akan mengerjakannya sampai Portimão. Saya merasa potensi motornya lebih tinggi, tapi kami tidak bisa menghentikannya saat ini,” lanjut Morbidelli..

agi Morbidelli, MotoGP 2023 akan menjadi musim yang menentukan bagi masa depannya di tim pabrikan Yamaha karena kontraknya akan habis di pengujung tahun. Dia harus bisa tampil lebih baik musim ini setelah terpuruk di papan bawah klasemen selama dua musim terakhir.

Franco Morbidelli

 

Untuk membantu meningkatkan performa Morbidelli dan Fabio Quartararo, tim pabrikan Iwata pun mencoba mesin baru di motor mereka dalam tes di Sepang pada akhir pekan lalu. Hasil masih mengecewakan, namun tetap ada hal positif.

“Sudah tiga hari kami sibuk dengan banyak pengujian. Mesinnya lebih baik, saya senang karenanya. Kami menguji dan menganalisis berbagai hal dengan sangat teliti untuk memahami semuanya,” tutup Morbidelli.(Sumber)