Menpora Zainudin Amali Resmikan Presidium Nasional Suporter Sepakbola Indonesia

Menpora RI Zainudin Amali meresmikan Presidium Nasional Suporter Sepak Bola Indonesia (PN-SSI) di kantor Kemenpora, Jakarta, Rabu (22/2).

Amali menyampaikan pengukuhan presidium suporter merupakan implementasi dari Undang-undang Nomor 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan yang di dalamnya mengatur suporter sepak bola.

“Sore hari ini adalah hari yang bersejarah untuk sepak bola Indonesia. Sesuai arahan Undang-undang Nomor 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan, ada pasal yang mengatur tentang suporter terkait hak dan kewajiban itu,” kata Amali.

“Beberapa waktu yang lalu kami sudah mempersiapkan ini dan akhirnya terbentuk presidium yang menaungi suporter ini,” ujar Amali menambahkan.

Ketua Umum PN-SSI Uki Nugraha menyampaikan, pihaknya akan mengawal dan memerhatikan dinamika sepak bola khususnya pada lingkup suporter setelah Erick Thohir resmi terpilih sebagai Ketua PSSI 2023-2027.

“Kami akan melihat bagaimana nantinya sepak bola di bawah kepemimpinan baru. Kami tidak ingin kejadian kelam terulang kembali. Kami tidak ingin lagi setiap ada masalah yang jadi kambing hitam adalah suporter,” kata Uki.

Ia menyampaikan momen pengukuhan PN-SSI dapat menjadi momentum suporter untuk lebih dewasa dalam mendukung tim kesayangan masing-masing. Ia mengklaim pihaknya mewakili suara basis suporter klub.

“Suporter harus lebih dewasa lagi ke depannya. Mungkin namanya barang baru pasti ada pro dan kontra. Kami sudah siap dengan itu dan di PN-SSI itu murni untuk sepak bola nasional serta suporternya,” ujar suporter PSM Makassar itu.

Daftar Pengurus Presidium Nasional Suporter Sepak Bola Indonesia (PN-SSI)
Dewan Penasehat
1. Menpora RI
2. Mendagri RI
3. Kapolri
4. Ketua Umum KONI
5. Ketua Umum PSSI

Dewan Pengawas
1. Budiman A. Dalimunthe
2. Tauhid Indrasjarief
3. Heru Joko Hidayuntoro
4. Mohamad Zainudin Yusrin
5. M. Arief Rosyid Hasan
6. Anang Wahyudi
7. Alim Bahri
8. Husin Ghozali
9. Moh Hasan Basri
10. Wilson Seran
11. Aini Hidayat
12. Mayor Haristanto
13. Suprapto

Dewan Pengurus Harian
Ketua Umum: Uki Nugraha
Wakil Ketua I: Tommy Ermanto
Wakil Ketua II: Wahyudi H
Sekretaris Jenderal: Achmad Supriyanto
Wakil Sekjen: Sadakati Sukma
Bendahara: Dian Fuji Lestari
Wakil Bendahara: Ali Bani Adam

Kepengurusan Harian
1. Arief Maulana
2. Lawren Simorangkir
3. Wachyudi Hendrayanto
4. M. Haikal Mikhail
5. Devara Noumanto
6. Diky Soemarno

(Sumber)