3 Wakil Indonesia Ditarik Mundur dan Batal Main di Spain Masters 2023 Karena Cedera

Spain Masters 2023 dijadwalkan akan dihelat pada 28 Maret sampai 2 April 2023 di Centro Deportivo Municipal Gallur, Madrid, Spanyol.

Seharusnya, 19 pebulutangkis Indonesia turun tanding dalam turnamen level Super 300 ini. Namun, tiga wakil terpaksa ditarik mundur pasca rentetan cedera yang dialami saat berlaga di Swiss Open 2023.

Satu wakil dari sektor tunggal putra, Chico Aura Dwi Wardoyo dipastikan mundur dari Spain Masters 2023. Chico mengalami cedera saat pertandingan babak 32 besar kontra unggulan Denmark, Viktor Axelsen.

Saat itu set pertama baru saja dimulai dan Chico tertinggal 1-5 dari Axelsen. Upaya mengejar bola yang dilakukan Chico berujung pada cedera kaki kiri hingga harus meminta perawatan medis. Sayangnya, kondisi Chico tidak memungkinkan untuk melanjutkan pertandingan dan memutuskan retired.

Buntut dari cedera di Swiss Open 2023 membuat Chico akhirnya ditarik mundur dari Spain Masters 2023. Praktis, wakil tunggal putra Indonesia hanya tersisa Christian Adinata yang harus berjuang ke babak utama lewat jalur kualifikasi.

Sektor ganda campuran juga harus kehilangan satu wakilnya yang merupakan salah satu andalan Pelatnas, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari. Keputusan penarikan pasangan ini harus diambil usai cedera yang dialami Rinov saat laga di babak perempat final Swiss Open 2023.

Menurut pengungkapan dari pelatih sektor ganda campuran, Amon Sunaryo, Rinov mengalami cedera di tangan kanan. Disebutkan juga jika sebenarnya cedera ini sudah dirasakan sejak babak pertama, tapi Rinov memaksakan diri hingga tembus sampai perempat final.

Meski sangat disayangkan, tapi skuad ganda putri Indonesia juga harus berkurang. Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti juga memutuskan withdrew dari Spain Masters 2023 dan lagi-lagi akibat cedera.

Apri mengalami cedera saat bertanding melawan Yuki Fukushima/Sayaka Hirota di babak semifinal Swiss Open 2023. Pasca retired, Apri menjelaskan jika bahunya terasa nyeri sejak malam sebelum pertandingan. Tetap mencoba melakoni laga semifinal, akhirnya Apri/Fadia memutuskan mundur di pertengahan set kedua.

Kehilangan tiga atlet terbaiknya, Indonesia harus bersiap menghadapi turnamen Spain Masters 2023 dengan 16 wakil dari lima sektor. Semangat bertanding, tim Merah putih. Indonesia bisa, Indonesia juara!.(Sumber)