Brutal! Tentara Israel Serang Final Piala Liga Palestina, FIFA Larang Timnas Israel Main di Piala Dunia U20 2023?

TENTARA Israel menyerang final Piala Liga Palestina yang mempertemukan Jabal Al Mukaber dan Balata FC di Stadion Faisal Al Husseini, Palestina, pada Kamis 30 Maret 2023 malam WIB. Apakah serangan ini membuat FIFA menjatuhkan hukuman kepada Federasi Sepakbola Israel, sekaligus melarang Timnas Israel U-20 tampil di Piala Dunia U-20 2023?

Menurut laporan Inside World Football, tentara Israel tiba-tiba memasuki Stadion Faisal Al Husseini. Setelah masuk ke area lapangan, pasukan Israel langsung menembakkan gas air mata ke lapangan dan tribun stadion.

Tentara Israel masuk ke dalam stadion

Akibat serangan itu, laga ditunda selama satu jam. Sementara itu, sejumlah pemain dan suporter harus menjalani perawatan akibat berdesakan untuk menghindari serangan gas air mata.

Masih menurut sumber yang sama, sejauh ini tidak diketahui siapa yang menginstruksikan pasukan Israel untuk menginvansi stadion. Sejauh ini, pihak Israel belum mengeluarkan pernyataan terkait insiden tersebut.

Ironisnya, eks pemain Persib Bandung, Mohammed Rashid, berada di stadion tersebut. Sekadar diketahui, gelandang Timnas Palestina itu baru bergabung dengan  Jabal Al Mukabber per awal tahun ini.

Tindakan militer Israel di tepi barat semalam tidak akan membantu argumen mereka bahwa mereka adalah warga dunia yang baik dalam sepakbola. Hormat untuk Palestina atas tragedi semalam,” tulis Inside World Football.

Suporter Palestina

Sekarang yang jadi pertanyaan, akankah FIFA memberikan sanksi kepada Israel karena melakukan serangan ke pertandingan sepakbola Palestina? Terlebih, ada aturan di sepakbola, yang mana larangan membawa dan menembakkan gas air mata di dalam stadion.

Menarik menanti respons dari FIFA. Beranikah FIFA memberikan hukuman kepada Israel, layaknya yang mereka lakukan kepada Rusia?

Sepakbola Rusia dibanned dari dunia internasional setelah Rusia menginvasi Ukraina. Akibatnya, Timnas Rusia tak bisa mentas di playoff Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa, plus klub-klub mereka dilarang ambil bagian di kompetisi antarklub Eropa.(Sumber)