Kualifikasi MotoGP Argentina 2023: Alex Marquez Nomor 1, Francesco Bagnaia Ke-3

HASIL kualifikasi MotoGP Argentina 2023 sudah diketahui. Pembalap Gresini Racing, Alex Marquez bakal menjadi yang terdepan di sesi Sprint Race dan balapan utama di MotoGP Argentina 2023. Sementara itu, Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) menempati posisi ketiga.

Sesi kualifikasi MotoGP Argentina 2023 digelar di Sirkuit Autodromo Termas de Rio Hondo, Sabtu (1/4/2023) malam WIB. Alex Marquez menjadi yang tercepat dengan mengoleksi waktu 1 menit 43,881 detik.

Alex Marquez

Di belakangnya, terdapat pembalap Mooney VR46, Marco Bezzecchi. Sedangkan Francesco Bagnaia harus puas menempati posisi ketiga.

Pembalap Monster Energy Yamaha, Franco Morbidelli membuat kejutan usai mengamankan posisi keempat. Sementara itu, tandem Morbidelli yakni Fabio Quartararo harus puas berada di posisi ke-10.

Di sisi lain, duo pembalap Aprilia Racing, Aleix Espargaro dan Maverick Vinales yang menempati posisi dua teratas di sesi latihan bebas pertama gagal unjuk gigi di sesi kualifikasi. Vinales bakal start di posisi kelima, sedangkan Espargaro akan memulai balapan dari posisi sembilan.

Jalannya Kualifikasi

Pada sesi kualifikasi 1 (Q1) hujan turun semakin deras. Bahkan, kondisi lintasan yang basah sempat menyulitkan para pembalap, contohnya Quartararo yang keluar lintasan untuk menghindari tergelincir di tikungan.

Di awal kualifikasi 1, duo pembalap Gresini Racing yakni Alex Marquez dan Fabio Di Giannantonio tampil dominan. Mereka menduduki posisi dua teratas usai menggusur Joan Mir (Repsol Honda).

Akan tetapi, di pertengahan kualifikasi 1, Quartararo mampu bangkit dan melesat ke posisi teratas dengan mengoleksi waktu 1 menit 47,397. Namun, Alex Marquez sukses kembali mengambil urutan pertama dengan mencatatkan waktu 1 menit 47,317 detik

Hasil tersebut membuat Alex Marquez masuk ke kualifikasi 2 bersama Quartararo. Sayangnya, torehan positif tersebut harus dibayar mahal lantaran motornya terbakar setelah sesi kualifikasi 1 tuntas.

Aleix Espargaro

Pada sesi kualifikasi 2 (Q2), Aleix Espargaro dan Maverick Vinales menempati posisi teratas. Akan tetapi, hal tersebut tak bertahan lama lantaran Johann Zarco (Pramac Racing) mampu tampil ciamik dan melesat ke posisi pertama dengan mengoleksi waktu 1 menit 46 detik.

Espargaro sendiri nyaris terjatuh di tikungan terakhir. Beruntung, dia mampu menjaga keseimbangan sehingga motornya tidak mendarat di atas gravel dan berhasil kembali ke lintasan.

Dua menit jelang kualifikasi 2 usai, Morbidelli membuat kejutan dengan membukukan waktu tercepat yakni 1 menit 45,982 detik. Sayang, tak lama kemudian torehan waktunya dikalahkan Marco Bezzecchi.

Alex Marquez yang lolos dari Q1 pun berhasil memaksimalkan ban keringnya. Dia membukukan waktu tercepat yaitu 1 menit 43,881. Dengan demikian, adik dari Marc Marquez itu sukses meraih pole position di depan Bezzecchi dan Bagnaia.

Berikut Hasil Kualifikasi MotoGP Argentina 2023

1. Alex Marquez SPA Gresini Ducati (GP22)

2. Marco Bezzecchi ITA Mooney VR46 Ducati (GP22)

3. Francesco Bagnaia ITA Ducati Lenovo (GP23)

4. Franco Morbidelli ITA Monster Yamaha (YZR-M1)

5. Maverick Viñales SPA Aprilia Factory (RS-GP23)

6. Johann Zarco FRA Pramac Ducati (GP23)

7. Luca Marini ITA Mooney VR46 Ducati (GP22)

8. Jorge Martin SPA Pramac Ducati (GP23)

9. Aleix Espargaro SPA Aprilia Factory (RS-GP23)

10. Fabio Quartararo FRA Monster Yamaha (YZR-M1)

11. Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V)

12. Alex Rins SPA LCR Honda (RC213V)

13. Raul Fernandez SPA RNF Aprilia (RS-GP22)

14. Fabio Di Giannantonio ITA Gresini Ducati (GP22)

15. Brad Binder RSA Red Bull KTM (RC16)

16. Jack Miller AUS Red Bull KTM (RC16)

17. Augusto Fernandez SPA Tech3 GASGAS (RC16)*

18. Joan Mir SPA Repsol Honda (RC213V).(Sumber)