5 Pencetak Gol Tersubur di Sejarah Liga Indonesia

SEBANYAK 5 pencetak gol terbanyak di sejarah Liga Indonesia akan dibahas di sini. Yang tersubur mencatatkan hingga 249 gol di sepanjang kariernya di Liga Indonesia.

Sejak pertama kali bergulir pada 1994, Liga Indonesia (Ligina) telah berganti nama beberapa kali. Sebagai catatan, Ligina merupakan liga gabungan dari kompetisi Perserikatan dan Galatama.

Persebaya Surabaya vs Persija Jakarta

Setelah 29 tahun bergulir, berbagai striker top mondar-mandir di liga ini. Lima di antara mereka adalah para bomber yang tercatat sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah Liga Indonesia.

Berikut 5 Pencetak Gol Terbanyak di Sejarah Liga Indonesia

5. Kurniawan Dwi Yulianto

Kurniawan Dwi Yulianto

Kurniawan Dwi Yulianto merupakan striker legendaris Timnas Indonesia. Sepanjang kariernya, pemain berjuluk Si Kurus ini sukses mengukir 149 gol di Liga Indonesia.

Kurniawan aktif berkarier sebagai pesepakbola mulai 1995 hingga 2013. Dia pernah membela beberapa klub top Indonesia, termasuk Persija Jakarta dan PSM Makassar.

4. Boaz Solossa

Boaz Solossa

Boaz Solosa masih aktif bermain hingga kini. Penyerang berusia 37 tahun tersebut melakoni total 10 pertandingan di Liga 1 2022-2023 bersama PSS Sleman.

Dari ke-10 laga tersebut, dia gagal mencetak gol. Namun, sejak memulai karier pada 2004 hingga kini, Boaz telah sukses mencetak 176 gol.

3. Bambang Pamungkas

Bambang Pamungkas

Bambang Pamungkas merupakan sosok legendaris untuk Persija Jakarta. Di sepanjang kariernya, dia mengukir total 178 gol di Liga Indonesia.

Sebagian besar golnya dicetak untuk Persija Jakarta. Namun, sosok yang pensiun pada 2019 tersebut juga pernah membela Selangor FC dan Pelita Bandung Raya di sepanjang kariernya.

2. Budi Sudarsono

Budi Sudarsono

Budi Sudarsono menjadi striker tersubur kedua di sepanjang sejarah Liga Indonesia. Mantan penyerang Timnas Indonesia tersebut telah sukses mencetak 185 gol di Liga Indonesia.

Memulai dengan Persebaya Surabaya pada 1999, Budi Sudarsono pensiun pada 2015. Klub terakhir yang dibelanya adalah Persikabo Bogor.

1. Cristian Gonzales

Cristian Gonzales

Cristian Gonzales datang sebagai pemain asing pada 2003. Dia dinaturalisasi untuk memperkuat Timnas Indonesia karena ketajamannya dalam mencetak gol.

Di sepanjang kariernya, Gonzales telah sukses menjaringkan 249 gol di Liga Indonesia. Dia pernah membela klub-klub top Indonesia, di antaranya adalah Persik Kediri, Arema Malang, dan Persib Bandung.

Usianya pada saat ini sudah 46 tahun, namun Gonzales masih bermain. Dia mencetak satu gol untuk PSIM Yogyakarta dari empat laga, namun itu diukir olehnya di kasta kedua, alias Liga 2 2022-2023.(Sumber)