10 Fakta Penting Gelora Bung Karno, Lokasi Kampanye Akbar Prabowo

Kompleks Gelora Bung Karno (GBK) diputihkan peserta kampanye akbar calon presiden Prabowo Subianto. Berikut fakta penting area olahraga yang ada di Jakarta Pusat itu.

Kampanye akbar Prabowo itu dilangsungkan di Stadion Utama (SU) GBK, Minggu (7/4/2019). Tak hanya di tribune, peserta memenuhi area lapangan, yang biasanya menjadi panggung dua tim sepakbola yang sedang bertanding, di dalam stadion tersebut.

Kendati dibangun untuk olahraga, SUGBK memang bukan menjadi venue kegiatan olahraga. Stadion dengan kapasitas 77.193 penonton itu juga kerap menjadi perhelatan ajang politik, musik, dan keagamaan.

Tapi, GBK tetap menjadi amat spesial sesuai dengan tujuan awal pembangunannya. Yakni, sebagai kompleks olahraga.

Diktutip dari detikSport berikut adalah fakta penting GBK sebagai rumah olahraga. Berikut rangkumannya:

1. GBK dibangun dua tahun menjelang Asian Games IV 1962. Jakarta.

2. Awalnya, SUGBK berkapasitas 110 ribu, kemudian direduksi menjadi 88.306 setelah renovasi menjelang Piala Asia 2007. Kini, kapasitasnya tinggal 77.193. Itu setelah renovasi menjelang Asian Games 2018.

3. Dengan kapasitas 77.193, SUGBK menjadi stadion terbesar ke-28 di dunia atau ketujuh di Asia. Sejak dibangun hingga kini, SUGBK masih memegang rekor sebagai stadion terbessar di Tanah Air.

4. SUGBK menjadi venue opening ceremony Asian Games dua kali, pada 1962 dan 2018. SUGBK juga menjadi jantung dua perhelatan Asian Games di Indonesia.

5. SUGBK memiliki lintasan atletik dengan lapisan racartan kelas 1. SUGBK menjadi venue atletik saat ASian Games 2018, bukan sepakbola.

6. SUGBK memiliki 7 CCTV dan mesin deteksi wajah.

7. Penerangan di SUGBK disokong oleh pencahayaan 3000 lux.

8. SUGBK memiliki 12 pintu dengan 24 sektor gerbang dengan 8 akses masuk.

9. Kini, SUGBK disokong 10 stadion lain dalam kompleks itu. Yakni, Stadion Akuatik, Stadion Tenis, Istora, Lapangan Panahan, Lapangan ABC, GOR Basket, Stadion Softball, Stadion Madya, dan Stadion Baseball.

10. Selain klub-klub sepakbola Eropa (Arsenal, Chelsea, LIverpool, Juventus, AS Roma, Inter Milan), sejumlah grup band dunia pernah manggung di sana. Antara lain, Deep Purple, Mick Jagger, Linkin Park, Metallica, Bon Jovi, Guns N’ Roses, dan One Direction. [detik]

No Response

Leave a reply "10 Fakta Penting Gelora Bung Karno, Lokasi Kampanye Akbar Prabowo"