Balap  

Lebih Pas di WSBK, Toprak Razgatlioglu Diminta Tak Pindah ke MotoGP

Masa depan pembalap asal Turki, Toprak Razgatlioglu di ajang balapan World Superbike (WBSK) masih tanda tanya. Sebab ada kemungkinan rider tim Pata Yamaha itu akan pindah ke ajang balap MotoGP pada 2024 mendatang.

Melihat kabar tersebut, orang terdekat Toprak, yakni Kenan Sofuoglu pun menyarakan agar sang juara WSBK 2021 itu untuk tetap bertahan di Superbike. Sebab bagi pria yang juga menjadi manajer Toprak tersebut menilai WBSK lebih cocok untuk rider berusia 26 tahun tersebut ketimbang pindah ke MotoGP.

Bagi sang manajer, Toprak memang dibentuk untuk berkarier di kejuaraan balap motor komersil itu karena dia sudah tumbuh di sana sejak awal sehingga kemungkinan dia bakal sangat kesulitan untuk beradaptasi dengan MotoGP.

“Saya selalu memberi tahu Toprak untuk tetap di Superbike. Karena saya menjaga dan membangunnya selama bertahun-tahun untuk berkarier di Superbike, bukan untuk MotoGP,” jelas Sofuoglu, dilansir dari Speedweek, Senin (24/4/2023).

“Toprak sangat bertalenta, mungkin lebih bertalenta dari kebanyakan pembalap MotoGP. Tetapi jika Anda ingin mengendarai MotoGP, Anda harus tumbuh di paddock GP, mulai dari Red Bull Rookies Cup hingga Moto3 dan Moto2. Tapi Toprak dibesarkan di sini di SBK, ini rumahnya,” tambahnya.

“Saat Anda masuk ke MotoGP sebagai Juara Dunia Superbike, itu bisa sangat sulit. Jika Anda tidak mencapai tujuan, Anda bisa menjadi kapal karam total, kemudian Anda menderita secara mental,” lanjutnya.

“Anda tidak lagi cepat dan tidak berhasil lagi. Itulah mengapa saya mengatakan Toprak: ‘Kami membentuk Anda untuk Superbike, di sini Anda dapat bersaing di puncak dunia selama sepuluh tahun lagi dan memiliki karier yang hebat’,” tuturnya.

Meski begitu, Sofuoglu enggan memaksakan kehendaknya pada Toprak. Dia membebaskan pembalap berusia 26 tahun itu jika ingin tetap mengejar mimpinya bersaing di MotoGP.

“Namun demikian saya menghormati mimpinya. Tapi mungkin media memberinya tekanan yang mungkin membuatnya bingung. Dia tidak tahu persis apa yang harus dilakukan saat ini,” sambung Sofuoglu.

Beberapa waktu yang lalu, Toprak menjalani tes keduanya bersama tim MotoGP Yamaha di Sirkuit Jerez selama jeda kompetisi WSBK April ini. Pasalnya, dia masih belum menyerah untuk mengejar mimpinya bisa tampil di ajang balap motor paling bergengsi di dunia itu.

Kontraknya sendiri akan habis pada akhir musim 2023 ini. Sofuoglu pun mengungkapkan bahwa bintang asal Turki itu berniat untuk memperpanjang masa baktinya dengan Yamaha, tetapi pilihannya ada dua, yakni tetap di WSBK atau beralih ke MotoGP, untuk menggantikan Franco Morbidelli, yang diprediksi juga cabut dari tim Monster Energy Yamaha di akhir musim ini.

Toprak Razgatlioglu

“Kami belum berbicara dengan manajer Yamaha tentang masa depannya. Kami perlu memikirkan apa yang harus dilakukan tahun depan,” sambung Sofuoglu.

“Kontrak Toprak dengan Yamaha akan habis pada akhir tahun, jadi dia bebas untuk 2024. Tujuan utamanya adalah tetap bersama Yamaha. Dan kemudian ada dua pilihan – Superbike atau MotoGP,” tutupnya.(Sumber)