Enea Bastianini Ungkap Alasannya Mundur Dari MotoGP Spanyol 2023

ENEA Bastianini jelaskan alasannya mundur dari MotoGP Spanyol 2023. Sang pembalap Ducati Lenovo memutuskan untuk mundur karena belum sepenuhnya pulih dari cedera.

Bastianini sempat ikut dalam sesi latihan bebas. Namun demikian, dia memutuskan mundur menjelang kualifikasi pada Sabtu 29 April 2023.

Enea Bastianini

“Saya sangat menyesal harus mundur dari balapan. Saya telah mencoba keras, namun, pada [Sabtu] pagi saya menyadari bahwa saya tidak dalam kondisi untuk membalap dan merasa tidak akan menghadapi balapan dengan percaya diri,” kata Bastianini, sebagaimana dilansir dari Antara, Minggu (30/4/2023).

Bastianini sempat melakukan lima putaran di sesi latihan bebas. Dia baru saja kembali ke sirkuit setelah pulih dari cedera yang menderanya pada bulan Maret lalu.

The Beast – julukan Bastianini – masih belum pernah melakoni satu pun balapan di musim ini. Dia ingin kembali ke trek namun masalah kebugaran menjadi alasannya untuk mundur lagi, karena itu terlalu berisiko.

Tidak ada gunanya mengambil risiko yang tidak perlu, jadi bersama saya tim, kami memutuskan untuk berhenti. Namun, saya rasa [keputusan kembali ke trek] adalah benar agar saya bisa memahami level saya saat ini, dan seberapa jauh saya harus melangkah untuk menjadi kompetitif lagi,” tambah mantan pembalap Gresini ini.

Enea Bastianini

Enea Bastianini mengalami patah tulang belikat kanan pada sprint race di seri pertama MotoGP Portugal 2023. Rekan setim Francesco Bagnaia tersebut terkapar setelah disenggol oleh Luca Marini di tikungan kelima Sirkuit Algarve.

Imbas dari cedera tersebut, Bastianini terpaksa melewatkan balapan di Argentina, Amerika Serikat, dan kini di Spanyol. Kini, Bastianini akan berharap untuk bisa kembali balapan di MotoGP Prancis 2023 yang terselenggara 14 Mei 2023 mendatang.(Sumber)