Brad Binder Ungkap Penyebab Kalah Saing Dari Francesco Bagnaia di MotoGP Spanyol 2023

MotoGP - Spanish Grand Prix - Circuito de Jerez, Jerez, Spain - April 30, 2023 Red Bull KTM Factory Racing's Brad Binder in action during the race REUTERS/Jon Nazca

BRAD Binder jelaskan penyebab kalah saing dari Francesco Bagnaia di MotoGP Spanyol 2023. Sang pembalap Red Bull KTM mengakui bahwa dirinya melakukan kesalahan di lap-lap terakhir hingga kehilangan status pimpinan balapan.

Binder mengawali balapan di Sirkuit Jerez, Minggu 30 April 2023 dengan gemilang. Itu merupakan kelanjutkan dari performa gemilangnya setelah memenangkan sprint race pada Sabtu 29 April 2023.

Brad Binder

Mengawali balapan dari posisi keempat, pembalap asal Afrika Selatan itu sukses bersaing di posisi dua terdepan sejak start. Dia bersaing dengan rekan setimnya, Jack Miller, selagi Pecco – sapaan akrab Bagnaia – menguntit di urutan ketiga.

Akan tetapi, kemenangan yang sudah di depan mata justru sirna hanya tiga lap menjelang garis finis. Dia mampu disalip oleh sang juara MotoGP 2022 di tikungan terakhir dengan sangat mulus.

Sang pembalap berusia 27 tahun itu mengakui bahwa dirinya melakukan kesalahan pada lima lap terakhir. Di sisi lain, Pecco sukses mengejar dengan kecepatannya setelah lap ke-21.

“Saya membuat kesalahan besar lima lap sebelum akhir yang menghancurkan celah yang telah saya buka,” kata Binder dilansir dari Speedweek, Selasa (2/5/2023).

Binder sebenarnya telah berupaya keras untuk merebut posisi terdepan lagi dari Pecco. Dia bahkan terlihat bisa membalap di tikungan terakhir menjelang finis.

Akan tetapi, pembalap andalan tim pabrikan KTM itu mengungkapkan bahwa dia enggan mengambil risiko lebih untuk melakukan overtake pada kesempatan itu. Sebab menurutnya, kecepatannya masih kurang dan jika dia memaksakannya maka dirinya dan Pecco bakal mengalami kecelakaan. Alhasil, dia harus puas finis dengan selisih 0,221 detik di belakang bintang tim pabrikan Ducati itu.

“Saya sangat ingin mengejar Pecco di lap terakhir dan bahkan mencatatkan waktu tercepat saya dalam balapan. Tapi saya tidak cukup dekat untuk menyerang di tikungan terakhir. Saya tidak ingin melakukan sesuatu yang gila, kalau tidak kami berdua akan berakhir di atas kerikil,” jelas rider bernomor 33 itu.

Francesco Bagnaia

“Ban belakang Pecco ternyata sedikit lebih baik dari ban saya. Karena saya berkendara di depan, saya tidak terlalu memperhatikan ban belakang seperti yang seharusnya,” pungkasnya.

Namun begitu, podium kedua di balapan utama dan kemenangan di sprint race MotoGP Spanyol 2023 sudah bisa memberikan peningkatan signifikan kepada Binder di klasemen. Dia mengumpulkan 62 poin pada saat ini dan naik ke peringkat ketiga klasemen sementara.

Posisi Binder membaik enam tingkat dari sebelumnya. Kini, dia hanya terpaut tiga poin dari Marco Bezzecchi, yang digeser Bagnaia dari puncak ke posisi kedua.(Sumber)