5 Alasan Bulutangkis Indonesia Bakal Juara Umum SEA Games Kamboja 2023

SEBANYAK 5 alasan bulu tangkis Indonesia akan juara umum di SEA Games 2023. Yang nomor satu merupakan faktor utama.

Untuk menyaksikan rangkaian acara SEA Games 2023, Anda bisa streaming langsung melalui Vision+ atau RCTI+ dan menonton pertandingan SEA Games secara lengkap mulai dari pertandingan olahraga, ceremonial, hingga berbagai highlights pertandingan yang sudah berlangsung.

SEA Games 2023

SEA Games 2023 akan dibuka pada hari ini, Jumat (5/5/2023). Beberapa cabor sudah dipertandingkan lebih dulu, namun bulu tangkis baru dimulai pada Senin 8 Mei 2023 mendatang.

Indonesia datang sebagai salah satu unggulan. Bahkan, Indonesia berpeluang besar menjadi juara umum di cabor bulu tangkis pada SEA Games 2023.

Berikut 5 Alasan Bulu Tangkis Indonesia Akan Juara Umum SEA Games 2023

5. Skuad Tim-Tim Asia Tenggara Terbelah

Kunlavut Vitidsarn

SEA Games 2023 diselenggarakan bersamaan dengan Piala Sudirman 2023. Akibatnya, skuad bulu tangkis negara-negara Asia Tenggara pun harus terbelah.

Banyak yang mengutamakan Piala Sudirman 2023. Oleh karena itu, negara-negara seperti Malaysia atau Thailand menurunkan tim pelapisnya.

4. Skuad Mewah Tim Putra

Pramudya Kusumawardana/Yeremia Rambitan

Tim putra Indonesia memiliki skuad mewah dengan diperkuat oleh Pramudya/Yeremia pada nomor ganda putra. Selain itu, Bagas Maulana/Shohibul Fikri juga turut memperkuat skuad yang diharapkan mampu membawa pulang emas ini.

Chico Aura Dwi Wardoyo menjadi andalan di tunggal putra. Meskipun Shesar Hiren dipastikan absen karena cedera, tunggal putra masih memiliki para pemain muda sekelas Christian Adinata dan Alwi Farhan.

3. Chico Aura Bisa Kalahkan Loh Kean Yew

Chico Aura Dwi Wardoyo

Loh Kean Yew asal Singapura merupakan tunggal putra berperingkat tertinggi BWF yang ikut di SEA Games 2023. Namun, Chico Aura bisa mengalahkan wakil Singapura tersebut.

Hal ini pernah terjadi ketika keduanya bersua di babak 16 besar Indonesia Masters 2023. Saat itu, Chico menang dua set langsung dengan skor 21-18 dan 21-15.

2. Faktor Bagas Maulana/Shohibul Fikri

Bagas Maulana/Shohibul Fikri

Bagas Maulana/Shohibul Fikri merupakan ganda putra dengan peringkat terbaik di BWF yang ikut di SEA Games 2023. Tercatat, mereka saat ini berada di peringkat ke-14 dunia.

Selain itu, Indonesia juga diwakili oleh Pramudya Kusumawardana/Yeremia Rambitan di ganda putra. Meski sedang mengalami penurunan belakangan, kualitas Pramudya/Yeremia bisa sewaktu-waktu menjadi menakutkan jika mereka menemukan kembali ritme permainan terbaik.

1. Kedalaman Skuad Bulu Tangkis Indonesia

Bagas Maulana/Shohibul Fikri

Sama halnya dengan Malaysia atau Thailand, Indonesia juga tidak menurunkan tim terbaiknya. Namun, Indonesia memiliki skuad bulu tangkis yang mumpuni sehingga bisa menjaga kualitas.

Dengan adanya Bagas Maulana/Shohibul Fikri hingga Chico Aura Dwi Wardoyo, Indonesia bisa meraih emas di nomor-nomor penting seperti ganda putra dan tunggal putra. Nomor ganda campuran juga diperkuat oleh pasangan nomor 10 dunia, Rehan Naufal/Lisa Ayu.

Di ganda putri, Indonesia memiliki Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi. Sedangkan di tunggal putri, Komang Ayu dan Ester Nurumi siap jadi andalan.(Sumber)