Sikat Klub Tuan Rumah Hongyen Thakam, Black Steel Papua Juara AFF Futsal Klub 2023

Black Steel Papua mengalahkan wakil tuan rumah, Hongyen Thakam, dalam laga final AFF Futsal Klub 2023 di Terminal 21 Hall Korat, Nakhon Ratchasima, Thailand, pada Minggu (7/5).

Skor 1-1 di waktu normal hingga tambahan, lalu Black Steel menang adu penalti 4-3.

Dengan begini, Black Steel Papua sukses menjadi juara AFF Futsal Klub. Mereka berhasil mengikuti kesuksesan wakil Indonesia lainnya, Bintang Timur Surabaya, yang menjadi juara pada edisi 2022.

Tahun lalu, Bintang Timur Surabaya juara usai mengalahkan Hongyen Thakam juga di final.
Jalannya Laga Black Steel Papua vs Hongyen Thakam

Hongyen Thakam unggul duluan di babak pertama. Belum genap 5 menit laga berjalan, wakil Thailand ini sudah membobol gawang Black Steel Papua yang dikawal Muhammad Albagir.

Pemamin bernama Therdsak Charoenphong mendapat ruang dan melepas sepakan akurat ke pojok kanan bawah gawang.

Setelah itu, Black Steel Papua mendikte permainan. Mereka gencar menggempur Hongyen Thakam, sedangkan tim tuan rumah hanya bisa sesekali melancarkan serangan balik.

Black Steel Papua punya banyak peluang bagus. Seperti halnya ada 3 pemain yang tendangannya kena tiang, yakni Evan Soumilena, Ardiansyah Nur, dan Guntur Sulistyo. Pemain lain seperti Di Maria dan Samuel Amos juga memiliki kans mencetak gol, tetapi akurasinya melebar tipis.

Kurang dari 6 menit waktu bersih sebelum jeda babak pertama, Rakhpol Sainetngam (Coach Hhamee) dikartu merah karena protes terlalu berlebihan. Skor 0-1 bertahan sampai jeda.

Pada babak kedua, Black Steel Papua terus menggempur Hongyen Thakam. Gol yang ditunggu akhirnya tercipta 10 menit terakhir, Evan berhasil membuat skor jadi 1-1 dengan sepakan jarak dekatnya yang menyambar umpan lambung.

Kemudian, kedua tim sama-sama memburu gol kedua. Pada akhirnya, skor 1-1 bertahan sampai akhir babak kedua. Pertandingan berlanjut dengan tambahan waktu 2×5 menit.

Namun, tidak ada gol juga tercipta, sehingga penentuan pemenang dilakukan via adu penalti. Hasilnya, Black Steel Papua menang dengan skor 4-3 dan jadi juara.(Sumber)