4 Pesepakbola Filipina Laris Manis Direkrut Klub Liga Indonesia

DERETAN 4 pemain Filipina yang laris manis direkrut oleh klub Indonesia akan diulas dalam artikel ini. Meski belum diresmikan, wacana perubahan regulasi pemain asing di Liga 1 langsung berdampak pada rekrutan anyar klub-klub Indonesia.

Pada musim mendatang, PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) memiliki rencana untuk mengubah regulasi soal pemain asing.  Format baru itu dimaksudkan agar menyesuaikan dengan regulasi di turnamen antar klub Asia seperti Liga Champions Asia dan AFC Cup.

Dengan demikian, diharapkan klub Liga Indonesia yang mewakili merah putih akan dapat bersaing di level Asia tersebut. Merujuk wacana tersebut, klub-klub Liga 1 pun mulai melakukan perburuan pemain asing bebas dan pemain asing dari Asia Tenggara.

Beberapa di antaranya bahkan sudah mengumumkan kedatangan pemain asing baru mereka untuk mengarungi musim 2023-2024. Menariknya, dari pemain-pemain Asia Tenggara, ada beberapa pemain yang berasal dari Filipina.

Selain ada yang baru gabung, ada juga pemain yang sudah merumput di Liga Indonesia sejak musim sebelumnya. Lantas, siapa saja pemain yang dimaksud?

Berikut 4 pemain Filipina yang laris manis direkrut oleh klub Indonesia:

4. Mike Ott (Barito Putera)

Mike Ott

Mike Ott merupakan pemain berdarah Filipina, yang sudah merumput di Liga Indonesia sejak musim lalu. Ia tergabung bersama Barito Putera sejak Agustus 2023.

Sebagai seorang gelandang, Mike Ott memiliki skill berkelas untuk mengatur ritme permainan Barito Putera. Di Liga 1 2022-023 ia sudah membukukan empat gol dan tiga assistnya dalam 27 pertandingan. Musim ini ia pun melanjutkan masa baktinya di Barito Putera.

3. Anthony Pinthus (PSS Sleman)

Anthony Pinthus

Berbeda dari Mike Ott. Anthony Pinthus merupakan pemain anyar dari Filipina yang diboyong PSS Sleman untuk Liga 1 2023-2024.

Super Elang Jawa (julukan PSS Sleman) berusaha memperkuat lini pertahanan mereka. Sebab demikian, PSS Sleman merekrut Anthony Pinthus.

Anthony Pinthus sejatinya merupakan pemain yang memiliki darah Swiss. Akan tetapi dirinya lebih memilih bermain untuk Timnas Filipina dan telah mencatatkan 3 caps pada Piala AFF 2022 lalu.

Di level klub, Anthony Pinthus pernah memperkuat klub Swiss, FC Kosova pada 2019. Kemudian ia mencoba peruntungan di Filipina sampai awal 2023.

Setelah dari United City FC, ia sempat tak memiliki klub. Baru pada April 2023 silam, PSS Sleman memboyongnya dengan status bebas transfer.

2. Christian Rontini (Persita Tangerang)

Christian Rontini

Sama seperti Anthony Pinthus, Christian Rontini juga baru diboyong klub Liga 1, Persita Tangerang. Rontini dibeli dari klub Malaysia, Kelantan FC.

Ia didatangkan tanpa biaya transfer. Rontini merupakan seorang bek tengah yang telah tampil dalam lima pertandingan di Kelantan FC. Rontini merupakan pemain berdarah Filipina-Italia, yang banyak menghabiskan kariernya di Asia Tenggara.

1. Daisuke Sato (Persib Bandung)

Daisuke Sato

Di posisi pertama ada Daisuke Sato, yang merupakan pemain Filipina milik Persib Bandung. Ia diboyong dari klub Thailand Ratchaburi FC pada Juni 2022.

Sepeninggal Roberyt Rene dari Persib Bandung, penampilan Daisuke Sato nyatanya membuat Luis Milla terpincut. Terbukti, ia jadi andalan sisi kiri pertahanan Persib Bandung di Liga 1 2022-2023.

Musim lalu, ia sudah mengemas 31 pertandingan dengan torehan dua gol. Selain itu, Daisuke Sato juga langganan masuk Timnas Filipina. Sejauh ini ia sudah membukukan 53 caps dan tiga gol bersama The Azkals (julukan Timnas Filipina).(Sumber)