Kombes Pol Sumardji, Manajer Timnas U22 yang Dipukuli Pemain Thailand

Final SEA Games 2023 antara Indonesia melawan Thailand di National Stadium, Kamboja, Selasa (16/5) malam WIB sempat diwarnai keributan antara pemain dan ofisial kedua kesebelasan.

Manajer Timnas U-22 Indonesia, Kombes Pol Sumardji, turut menjadi korban pemukulan. Ia bahkan sempat terpental dan jatuh ke tanah saat terlibat keributan dengan ofisial Thailand. Hal itu terjadi usai Indonesia cetak gol di babak tambahan melalui Irfan Jauhari.

Usai gol tersebut, keributan terjadi di bench. Sumardji terlihat dipukul dan dibanting oleh staf Thailand.
Lantas, siapakah sosok Sumardji?

Sumardji adalah seorang perwira menengah Polri yang masih aktif. Ia merupakan lulusan Secapa Polri tahun 2001 dan kini memiliki pangkat sebagai seorang Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol).

Di kepolisian, pria kelahiran, Nganjuk, Jawa Timur, 12 Februari 1972 itu pernah menduduki jabatan yang cukup strategis.

Ia pernah menjabat sebagai Kasubdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya, Wadirpolairud Polda Metro Jaya, Kapolresta Sidoarjo (2020), Dirlantas Polda Bengkulu (2021) dan yang terakhir sebagai Auditor Kepolisian Madya Tingkat III Itwasum Polri (2023).

Lalu, bagaimana seorang perwira Polri bisa terjun ke dunia sepak bola?
Sumardji mengawali karier manajerial sepak bolanya sejak 2016 silam. Ketika itu, dia ditunjuk sebagai Manajer Bhayangkara FC, sebuah tim sepak bola yang dimiliki oleh Polri yang bermain di Liga 1. Bahkan sampai sekarang, ia juga masih menjadi manajer aktif di Bhayangkara FC.

Di bawah kepemimpinannya, ia sukses membawa Bhayangkara FC menjadi juara Liga 1 di musim 2017.
Berkat keberhasilannya itu, Sumardji akhirnya dipercaya untuk menjadi manajer Timnas Indonesia dari berbagai usia mulai Timnas U-19, Timnas U-23, hingga Timnas Indonesia senior.

Hasilnya, Sumardji sukses membawa Timnas U-22 Indonesia menjuarai Piala AFF 2019 di Vietnam. Kala itu, Indonesia menang 2-1 atas Thailand di partai final. Tak hanya itu, ia juga punya andil besar dalam mengantarkan Timnas Indonesia sebagai runner up pada pesta olah raga SEA Games di Filipina 2019.

Pada 2020 silam, Sumardji juga pernah ditunjuk sebagai anggota tim Satuan Tugas Tim Nasional Indonesia (Satgas Timnas). Tim tersebut adalah bentukan Ketua Umum PSSI saat itu, Mochamad Iriawan alias Iwan Bule.

Tahun ini, ia terpilih menjadi anggota Exco PSSI periode 2023-2027 dan masih dipercaya sebagai Manajer Timnas Indonesia. Hasilnya, ia ternyata mampu membawa Timnas U-22 meraih medali emas SEA Games 2023 di Kamboja.(Sumber)