Tekno  

YouTube Suntik Mati Fitur Mirip IG Story Mulai 26 Juni 2023

YouTube mengumumkan akan mematikan fitur Stories mulai bulan depan, tepatnya 26 Juni 2023. Artinya, pengguna bakal gak bisa lagi posting Stories dan Stories yang sudah diposting akan kedaluwarsa tujuh hari kemudian.

Plaform video milik Google itu pertama kali memperkenalkan Stories pada 2017, namanya dulu disebut Reels. Kala itu, Stories baru tersedia untuk YouTuber dengan subscriber di angka 10 ribu.

Fungsinya yang serupa dengan Instagram Story dan Snapchat. Postingan YouTube Stories akan menghilang dalam kurun waktu tertentu seperti IG Story, tapi bisa diposting dengan durasi lebih lama.

YouTuber bisa memanfaatkan Stories untuk posting keseharian mereka atau adegan di balik layar sebagai promosi konten. Namun, belakangan Stories mulai jarang digunakan dan pengguna lebih memilih mengunggah Shorts.

Posting Shorts jelas lebih menguntungkan kreator konten. Sebab, YouTube telah membuka monetisasi Shorts per Februari 2023, sebagai caranya mendorong Shorts untuk dapat menyaingi kepopuleran TikTok.

Selain Shorts, perusahaan juga mengarahkan YouTuber buat postingan singkat via Commmunity Post yang bisa berbagi jajak pendapat, kuis, dan gambar.

YouTuber sudah bisa memonetisasi Shorts per Februari 2023, dengan harapan Shorts dapat menyaingi kepopuleran TikTok. Kreator konten juga bisa membatasi masa tayang postingan Community Post tersebut.

YouTube bukan satu-satunya platform media sosial yang mengadopsi Stories, lalu membuangnya. Sebelumnya Twitter juga merilis fitur serupa bernama Fleet pada 2020 lalu, kemudian disetop fungsinya per Agustus 2021.(Sumber)