10 Pebulutangkis Indonesia yang Masuk dalam BWF Hall of Fame

TERDAPAT 10 pebulutangkis Indonesia yang masuk dalam BWF Hall of Fame akan dibahas Okezone di artikel ini. Seperti yang diketahui, Hall of Fame saat ini tengah ramai dibicarakan oleh pencinta bulu tangkis dunia, terutama Indonesia dan Malaysia.

Pasalnya salah satu tunggal putra terbaik Tanah Air, Taufik Hidayat protes karena rivalnya dari Malaysia, Lee Chong Wei masuk ke dalam BWF Hall of Fame sementara dirinya tidak. Padahal menurut Taufik, dari segi prestasi pun dirinya hampir sama seperti Lee Chong Wei.

Kendati demikian, BWF tetap memilih menjadikan Lee Chong Wei masuk ke dalam Hall of Fame BWF. Kini perbincangan pantas atau tidak Lee Chong Wei serta tidak masuknya Taufik Hidayat di BWF Hall of Fame menjadi perdebatan.

Indonesia sendiri sudah memiliki 10 pebulutangkis yang masuk ke dalam BWF Hall of Fame. Penasaran siapa saja?

Berikut 10 Pebulutangkis Indonesia yang Masuk dalam BWF Hall of Fame:

10. Rudy Hartono

Rudy Hartono

Atlet bulu tangkis Indonesia yang pertama masuk BWF Hall of Fame adalah Rudy Hartono. Ia masuk ke dalam Hall of Fame pada 1997 lalu.

Rudy adalah salah satu tunggal putra terbaik dunia apda era 1960-an sampai 1980-an. Jadi, tidak heran jika ia masuk ke dalam penghargaan tersebut.

9. Dick Sudirman

Dick Sudirman

Pada tahun yang sama dengan Rudy, Dick Sudirman juga masuk ke dalam BWF Hall of Fame. Bisa dikatakan Dick Sudirman terpilih dengan status tokoh yang paling berpengaruh dalam bulu tangkis Indonesia dan dunia.

Dick Sudirman adalah salah satu pendir PBSI. Lalu namanya pun diabadikan ke dalam turnamen beregu campuran, yakni Piala Sudirman.

8. Christian Hadinata

Christian Hadinata

Pada 2001, satu Christian Hadinata pun masuk ke dalam Hall of Fame. Ia merupakan salah satu atlet spesialis ganda terbaik yang pernah ada.

7. Liem Swie King

Liem Swie King

Setahun setelah Hadinata, giliran Liem Swie King yang masuk Hall of Fame. Liem yang terkenal memiliki pukulan smash yang amat kuat itu memang merupakan salah satu tunggal putra terbaik pada eranya.

6. Susy Susanti

Susy Susanti

Susy Susanti bisa dikatakan sebagai salah satu tunggal putri terbaik Indonesia. Prestasinya memberikan medali emas Olimpiade 1992 jelas menjadi bukti hebatnya ia.

Belum lagi berbagai gelar juara lainnya yang sudah dimiliki Susy Susanti. Sehingga ia pun masuk ke dalam Hall of Fame 2004.

5. Tjun Tjun

Tjun Tjun/Johan Wahyudi

Tjun Tjun adalah salah satu atlet ganda putra terbaik Indonesia. Ia bersinar kala berpasangan dengan Johan Wahjudi.

4. Johan Wahjudi

Seperti Tjun Tjun, Johan pun juga masuk ke dalam Hall of Fame 2009.

3. Ricky Subagja

Ricky Subagja/Rexy Mainaky

Masih di BWF Hall of Fame 2009, Ricky Subagja juga masuk jajaran legenda bulu tangkis dunia. Ia bersama Rexy merupakan ganda putra terbaik Tanah Air..

2. Rexy Mainaky

Rexy/Ricky namanya melejit usai mempersembahkan medali emas untuk Indonesia di Olimpiade Atalanta 1996. Selain itu, berbagai gelar juara prestisus pun pernah diraih Rexy bersama Ricky.

1. Lilyana Natsir

Liliyana Natsir bersama Tontowi Ahmaa

Liliyana menjadi pebulutangkis Indonesia ke-10 yang masuk ke BWF Hall of Fame. Ia masuk ke dalam daftar legenda-legenda tersebut pada 2022 silam.

Lilyana memang layak disebut sebagai legenda karena berbagai prestasi yang pernah ia raih. Bersama Tontowi Ahmad, Liliyana pernah mempersembahkan medali emas Olimpiade Rio 2016.(Sumber)