News  

Beda Kelas Dengan Anies, Heru Budi Tak Punya Empati Terkait Polusi Udara Jakarta

Kelakar yang disampaikan Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono terkait buruknya kualitas udara di Jakarta dikecam banyak pihak.

Alih-alih menjawab dengan serius, Heru justru guyon mengenai solusi udara kotor di Jakarta yang yang tidak hanya bersumber dari gas buangan transportasi.

“Ya saya tiup aja,” selorohnya sambil memperagakan gerakan sedang meniup udara usai melakukan kunjungan di kawasan Kuningan Timur, Jakarta Selatan, Senin (12/6).

Menyikapi hal ini, aktivis Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi), Aminullah, merasa geram. Heru dinilai tidak memiliki empati, padahal udara buruk itu mengancam kesehatan banyak warga.

“Ini sudah menunjukkan bagaimana mereka benar-benar tidak paham cara mengatasi polusi udara. Di tambah saat ini di mana Pj gubernur merespons polusi udara dengan bercanda,” katanya.

Sikap Heru tersebut sangat bertolak belakang dengan gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 Anies Baswedan yang sangat konsen terhadap peningkatan kualitas udara di Jakarta.

Menurut Anies, polusi udara merupakan masalah yang kompleks. Sebab butuh pendekatan multisektoral dan kerja sama baik internasional maupun domestik.(Sumber)