Manchester United Dikabarkan Terjual, Dibeli Bankir Qatar Seharga Rp.90 Triliun

Kesebelasan populer Inggris, Manchester United (Man Utd) dikabarkan telah terjual kepada bankir asal Qatar, Sheikh Jassim bin Hamad al-Thani.

Sementara itu Reuters pada Jumat (16/6) menyebut, putra mantan Perdana Menteri Qatar tersebut masih dalam tahap pengajuan penawaran eksklusif senilai USD 6 miliar atau hampir Rp 90 triliun.

“Klub sepak bola Inggris Manchester United sedang bernegosiasi atas penawaran eksklusif yang diajukan konsorsium yang dipimpin oleh Sheikh Jassim bin Hamad al-Thani dari Qatar. Dalam pembicaraan itu sudah diajukan harga lebih dari USD 6 miliar,” tulis Reuters mengutip sejumlah sumber yang mengetahui masalah itu, Jumat (16/6).

Selama masa penawaran tersebut, Manchester United tidak boleh membuka negosiasi dengan calon pembeli lain. Sebelumnya, miliarder Inggris, Jim Ratcliffe, pemilik perusahaan kimia INEOS disebut sebagai pembeli paling potensial.

Mencuatnya penawaran eksklusif ini telah melonjakkan saham Manchester United hingga 15 persen. Pada perdagangan sehari lalu, saham tersebut ditutup di harga USD 24,81 atau naik 6,8 persen.

Saham Manchester United pada 2005 silam dibeli keluarga kaya Inggris, Glazer, pada harga USD 947 juta. Valuasi Manchester United sebagai perusahaan publik pada 2018 lalu sudah mencapai USD 4,3 miliar.

Sheikh Jassim bin Hamad al-Thani dikenal sebagai anggota keluarga kerajaan Qatar dan Chairman Qatar Islamic Bank (QIB). Bank tersebut merupakan yang terbesar di Qatar. Sheikh Jassim masih sepupu dari emir Qatar saat ini, Tamim bin Hamad al-Thani.

Mereka berdua bersekolah di sekolah berasrama Inggris. Kemudian melanjutkan ke Sandhurst, akademi militer ternama di negara itu. Sebagai pengusaha terkemuka Qatar, Sheikh Jassim Bin Hamad Al Thani meraup banyak kesuksesan dalam perannya di QIB.(Sumber)