PBSI Kecewa Hasil Tunggal dan Ganda Putri di Selandia Baru

Tunggal dan ganda putri Indonesia pulang dengan tangan kosong dari turnamen bulutangkis Selandia Baru Terbuka 2019. PP PBSI kecewa.

Indonesia tak mengirim kekuatan penuh pada turnamen pertama kualifikasi Olimpiade 2020 Tokyo. Pemain-pemain andalannya seperti Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, Greysia Polii/Apriyani Rahayu absen dari BWF World Tour Super 300 tersebut.

Tapi, Indonesia merebut dua gelar di ajang tersebut melalui tunggal putra Jonatan Christie dan ganda putra Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan serta satu runner-up dari ganda campuran Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti.

Sementara itu, ganda putri Della Destiara/Rizki Amelia Pradipta kandas di babak kedua. Dua pasangan muda, Yulfira Barkah/Jauza Fadhila Sugiarto dan Agatha Imanuela/Siti Fadia Silva Ramadhanti, malah sudah tumbang di babak pertama.

Tunggal putri juga tak membawa pulang hasil sip. Laju terbaik ditunjukkan oleh Gregoria Mariska Tunjung dengan melaju ke babak delapan besar. Fitriani dan Ruselli Hartawan di babak kedua, sedangkan pemain muda Yulia Yosephin Susanto tersingkir di babak pertama.

“Saya selalu katakan bahwa saat ini memang masih ada ketinggalan terutama sektor putri. Nah, saat ini, kami sedang kerja keras nih bagaimana meningkatkan lagi prestasi ganda dan tunggal putri. Memang program pembinaan enggak instan tapi progres ke arah sana sudah mulai,” kata Kepala Bidang Pembinaan Prestasi PP PBSI, Susy Susanti, dikutip dari detikSport, Senin (6/5/2019).

“Kami juga bukan yang diam tapi bagaimana caranya dari program (ada perubahan). Contohnya mengembalikan pelatih Indonesia di Jepang ke sini, dengan harapan cara kerjanya, latihan, pembentukan atlet putri kita bisa mencontoh dari Jepang. Karena kami tahu atlet Jepang punya daya juang dan kerja keras, itu yang sedang kami terapkan,” dia menjelaskan.

“Mengubah karakter itu tak gampang apalagi secara bibit putri lebih sedikit ketimbang putra. Itu dulu harus diakui ya. Dari zaman saya dulu mungkin hanya satu-satu makanya dimana kita juga menambah jadi mencari bakat-bakat itu untuk kami bina,” kata dia.

“Mudah-mudahan ke depannya yang muda, kalau yang sudah ada saat ini bagaimana memaksimalkan. Walau levelnya masih challenge, grand prix seperti Gregoria, Fitriani, Chouirunisa, tapi progres ke sana ada lah. Saya selalu bilang kalau mau kerja keras pasti bisa karena sudah terbukti loh,” dia berharap. [detik]