News  

PPK Kecamatan Jagakarsa Buka Posko Pelayanan dan Sosialisasi di Festival Kolaborasi Ciganjur

PPK Kecamatan Jagakarsa membuka Posko Pelayanan dan Sosialisasi Aplikasi Cek DPT Online pada Moment Acara Festival Kolaborasi Ciganjur yang diselenggarakan Karang Taruna Kelurahan Ciganjur di Jl. Moh. Kahfi I Kelurahan Ciganjur

Kegiatan posko pelayanan ini bertujuan menginformasikan kepada masyarakat luas terkait pentingnya untuk mengecek, apakah warga sudah terdaftar sebagai pemilih dengan menggunakan aplikasi cek DPT online. Karena jangan sampai terjadi ketika pada Hari H 14 Februari 2024 warga namanya tidak ada di TPS wilayahnya.

Pada momen Festival Kolaborasi Ciganjur yang dilaksanakan Sabtu-Minggu 29-30 Juli 2023 bertepatan dengan akhir pekan, oleh karena itu acara tersebut dikunjungi banyak masyarakat khususnya di Wilayah Ciganjur. PPK Kecamatan Jagakarsa membuka informasi terkait cara Pindah Memilih yang saat ini akan segera dimulai untuk jadwal pembukaan pendaftarannya.

“Sekarang sudah makin mudah dan praktis bagi warga untuk mengetahui namanya bahkan semua anggota keluarganya apakah sudah terdaftar dalam daftar pemilih dengan cara membuka aplikasi cekdptonline.kpu.go.id dengan hanya membawa KTP Asli maka petugas kami yakni PPK dan PPS akan mengecek NIK yang bersangkutan serta warga langsung mengetahui bahwa namanya terdaftar atau tidak sebagai pemilih dan berada di TPS mana pada saat hari pencoblosan nanti,” tutur Ketua PPK Kecamatan Jagakarsa, Ahmad Fahlevi.

Saat momen posko pelayanan, PPK Kecamatan Jagakarsa juga membuka informasi untuk warga yang pada hari pemungutan suara nanti ingin menggunakan hak pilihnya di luar wilayah Domisilinya, bisa dengan alasan karena pekerjaan, keadaan sakit harus rawat inap, sedang menjalani rehabilitasi narkoba, dan seterusnya.

“Namun kriteria persyaratan sudah ditentukan sebanyak 9 Kriteria yang diberi waktu selambat-lambatnya 30 hari sebelum hari pemungutan suara dan 4 kriteria selambat- lambatnya 7 haru sebelum hari pemungutan suara” ujar Fahlevi lebih lanjut.

Pelayanan yang berjalan sangat efektif dan mendapat antusias yang baik dari warga yang ingin mengecek nama nya terdaftar atau tidak dalam daftar pemilih ada juga yang menanyakan apa saja dokumen pendukung apabila ingin mendaftar pindah memilih.

“Semoga dengan adanya momen lain seperti ini PPK dapat terus memberikan informasi dan pelayanan tentang kepemiluan terhadap masyarakat agar terwujudnya minat partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya dan juga demi terwujudnya Pemilu yang Berkualitas.” pungkasnya.