Ini Penyebab Kecelakaan Marco Bezzecchi di MotoGP Inggris 2023

Motorcycling - MotoGP - British Grand Prix - Silverstone Circuit, Silverstone, Britain - August 6, 2023 Mooney VR46 Racing Team's Marco Bezzecchi during the warm up REUTERS/Andrew Boyers

Pembalap Mooney VR46 Ducati, Marco Bezzecchi membongkar penyebab kecelakaan yang dialaminya di MotoGP Inggris 2023. Menurutnya hal itu terjadi karena roda depannya terkunci akibat salah melakukan perhitungan saat mengerem di momen slipstream.

Marco Bezzecchi sebenarnya mengawali MotoGP Inggris 2023 dengan sangat baik di mana dia mengamankan pole position serta berhasil finis di posisi kedua dalam sprint race. Sayangnya, dalam balapan utama yang dihelat pada Minggu (6/8/2023) malam WIB di Sirkuit Silverstone, nasib sial menimpanya.

 

Pembalap asal Italia itu mengalami kecelakaan pada lap keenam saat berada di posisi kedua di belakang Francesco Bagnaia. Dia terbang bersama motornya ketika menikung di Tikungan 15 yang membuatnya berakhir di atas gravel.

Murid Valentino Rossi itu pun mengungkapkan insiden tersebut terjadi ketika dirinya berusaha keluar dari slipstream untuk mengerem dengan berbelok sedikit. Sayangnya, perhitungannya salah sehingga dia mengalami slipstream lagi dan roda depannya pun terkunci ketika dia mengerem.

“Saya berbelok sedikit keluar dari slipstream untuk mengerem. Tapi saat saya mengerem, roda depan terkunci. Jadi saya harus melepaskan rem sedikit lagi, yang menempatkan saya di slipstream lagi,” jelas Bezzecchi dilansir dari Speedweek, Senin (7/8/2023).

Marc Marquez Bongkar Penyebab Terbesar yang Bikin sering Terjatuh di MotoGP
“Dan begitu saya berada di slipstream, saya tidak bisa melambat. Ketika saya menginjak rem lagi, roda depan saya terkunci lagi,” tambahnya.

Marco Bezzecchi pun mengaku tak menyangka roda depannya bakal terkunci seperti itu. Dia bakal melakukan analisa lebih lanjut bersama timnya untuk menemukan penyebab yang lebih mendetail.

Marco Bezzecchi

“Mungkin seharusnya saya membelok sedikit lebih banyak dari slipstream, tapi saya tidak mengira roda depan akan terkunci seperti itu di awal. Kami harus mencoba memahami mengapa seperti itu,” pungkas pembalap berusia 24 tahun itu.

Hasil tersebut pun membuat Bezzecchi harus rela turun ke posisi tiga klasemen sementara MotoGP 2023 dengan koleksi 167 poin. Dia dilangkahi oleh Jorge Martin yang kini berada tepat di atasnya dengan selisih enam poin setelah finis keenam di MotoGP Inggris 2023.

Kegagalan itu juga menjauhkan poinnya dari sang pemuncak klasemen Francesco Bagnaia, yang berhasil menjadi runner up. Kini, dia terpaut 46 angka dari rider Ducati Lenovo itu dalam klasemen sementara MotoGP 2023.(Sumber)