Bamsoet Kembali Jadi Anggota Fraksi Partai Golkar DPR RI Terpopuler Periode Juli 2023

Anggota DPR yang duduk di gedung parlemen memiliki beberapa tugas dan fungsi, fungsi paling utama ada tiga hal, yakni fungsi legislasi, budgeting dan pengawasan. Dalam menjalankan fungsi-fungsi tersebut, anggota DPR RI jelas harus memiliki kapasitas komunikasi.

Ia harus secara terang menjelaskan kepada rakyat atau konstituen yang memilihnya apa saja pekerjaannya, bagaimana aspirasi yang dihembuskan rakyat dan lainnya.

Parlemen sendiri diambil dari kata “le Parle” yang mempunyai makna “bicara”. Jadi, jangan heran apabila orang-orang yang duduk di kursi parlemen adalah orang-orang yang “suka” berbicara di depan publik, karena memang tugas-tugasnya sebagai penyambung lidah rakyat kepada negara.

Saluran seorang anggota parlemen untuk berbicara adalah media publik. Media bisa menjadi indikator mengenai efektifitas kinerja seorang anggota parlemen diukur, dari apa yang dibicarakannya atau secara sengaja mempublikasikan kinerjanya.

Berangkat dari alasan ini, kami Golkarpedia.com mengadakan riset terkait anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar yang paling banyak diberitakan dalam kurun periode bulan Juli 2023. Pemberitaan seorang anggota DPR RI, bisa menjadi indikator populisme yang ia miliki.

Untuk urutan pertama anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar yang paling banyak diberitakan adalah Bambang Soesatyo atau Bamsoet. Bamsoet merupakan legislator Partai Golkar yang duduk sebagai Ketua MPR RI.

Bamsoet pada periode Juli 2023 memiliki jumlah pemberitaan sebanyak 2.115 berita. Berita mengenai Bamsoet didominasi oleh tanggapannya terkait wacana Munaslub Partai Golkar. Lalu ada pula pemberitaan mengenai wacana PPHN yang sempat digulirkan Bamsoet serta MPR RI dalam rangka memberikan kerangka konsep pengganti GBHN.

Kemudian pemberitaan Bamsoet mengenai web summit Satu Data Indonesia yang digelar Huawei, dalam persoalan ini, Bamsoet mendukung penuh transformasi digital yang dikembangkan Huawei untuk Indonesia. Selanjutnya saat Bamsoet menjadi pembicara di acara Lemhanas, ia mengajak segenap elemen bangsa untuk perkuat wawasan kebangsaan.

Posisi kedua ada nama Ace Hasan Syadzily, ia menduduki jabatan sebagai Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI. Komisi VIII DPR adalah komisi yang membidangi persoalan agama, sosial, kebencanaan dan pemberdayaan perempuan serta perlindungan anak. Selain kinerjanya di DPR RI, Ace Hasan Syadzily juga banyak mendapatkan sorotan pemberitaan atas tugasnya sebagai Ketua DPD I Partai Golkar Jabar.

Untuk Juli 2023, Ace Hasan Syadzily memiliki 307 pemberitaan dengan capaian reach sebesar 3,1 juta jangkauan. Pemberitaan tentang Ace Hasan Syadzily di antaranya adalah pernyataannya mengenai aksi yang dilancarkan Dewan Pakar DPP Partai Golkar, Ridwan Hisjam terhadap wacana Munaslub. Ace Hasan cukup proaktif dalam melakukan counter isu yang menyatakan kondisi Partai Golkar solid.

Lalu pemberitaan mengenai Ace Hasan Syadzily sebagai Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI yang mengunjungi Ponpes Darussalam Bandung Barat. Dalam kunjungan itu, Ace Hasan meminta para ulama mendoakan kemenangan untuk Partai Golkar di Pemilu 2024.

Selanjutnya, ada nama anggota Komisi I DPR RI, Christina Aryani yang melesat ke posisi tiga. Komisi I DPR RI membidangi persoalan pertahanan, luar negeri, komunikasi dan informatika, serta intelijen. Christina Aryani memiliki pemberitaan sebanyak 295 berita. Reach yang dicapai oleh berita mengenai Christina Aryani adalah sebesar 1,7 juta jangkauan.

Berita mengenai Christina Aryani antara lain terkait dengan kehadirannya dalam apel siaga Partai Nasdem guna memenuhi undangan Surya Paloh kepada Partai Golkar. Pemberitaan ini memunculkan spekulasi lain terkait keakraban Partai Golkar dengan koalisi perubahan. Ada pula pemberitaan mengenai pujian yang dilontarkan Christina Aryani terhadap pertemuan Airlangga Hartarto dan Puan Maharani.

Urutan keempat ada nama Dave Akbarshah Fikarno atau Dave Laksono anggota Komisi I DPR RI. Pemberitaan mengenai Dave Laksono cukup masif mengingat peran dan tugasnya di Komisi I DPR RI. Dave Laksono memiliki pemberitaan sebanyak 284 berita. Jangkauan yang dicapai dari berita Dave Laksono adalah sebesar 2,3 juta jangkauan.

Selanjutnya urutan kelima adalah Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Hetifah Sjaifudian. Komisi X DPR RI membidangi urusan pendidikan, olahraga dan kepariwisataan. Hetifah memiliki 205 pemberitaan sepanjang Juli 2023. Reach yang dicapai oleh pemberitaan mengenai Hetifah adalah sebanyak 2,3 juta jangkauan.

Keenam ada nama Wakil Ketua DPR RI bidang Polhukam, Lodewijk F. Paulus. Berita tentang Lodewijk Paulus berjumlah 184 pemberitaan dengan reach yang sedikit lebih rendah dari Hetifah, yakni sebesar 1,2 juta jangkauan.

Di nomor tujuh ada nama Ahmad Doli Kurnia, ia merupakan Ketua Komisi II DPR RI yang membawahi bidang pemerintahan, dalam negeri, ASN, kepemiluan, serta pertanahan dan reforma agraria. Selama Juli 2023, Ahmad Doli Kurnia memiliki jumlah pemberitaan sebesar 170 berita dengan reach mencapai 668.788 jangkauan.

Posisi kedelapan adalah Cen Sui Lan, ia duduk di Komisi V DPR RI yang membidangi urusan infrastruktur, transportasi, pemberdayaan daerah tertinggal, dan BMKG. Cen Sui Lan memiliki jumlah pemberitaan sebanyak 155 berita dan jangkauannya mencapai sebesar 185.794 jangkauan.

Posisi sembilan ada nama Sarmuji Wakil Ketua Komisi VI DPR RI. Komisi VI DPR membidangi urusan perdagangan, koperasi UKM, BUMN, Investasi dan Standarisasi Nasional. Pemberitaan yang menyangkut nama Sarmuji adalah sebanyak 136 berita dengan jangkauan mencapai 1,6 juta jangkauan.

Posisi terakhir atau kesepuluh diisi oleh nama Nurul Arifin, yang juga merupakan anggota Komisi I DPR RI. Nurul Arifin dalam tugasnya sebagai anggota Komisi I DPR RI memiliki pemberitaan sebanyak 116 berita dengan jangkauan mencapai 1,5 juta jangkauan.

Daftar mengenai 10 anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar Terpopuler berdasarkan jumlah pemberitaan ini masih dapat berubah setiap bulannya dan kami redaksi Golkarpedia.com pun akan memperbarui daftar ini pada tiap periodenya. Semoga daftar ini menjadi pemicu semangat dari masing-masing anggota DPR RI agar lebih banyak bersuara di media.

Daftar Anggota Fraksi Partai Golkar DPR RI Terpopuler Periode Juli 2023 Berdasarkan Kuantitas Pemberitaan:

Bambang Soesatyo
Ketua MPR RI
Total 2.115 pemberitaan
Reach: 14,9 juta jangkauan

Ace Hasan Syadzily
Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI
Total: 307 pemberitaan
Reach: 3,1 juta jangkauan

Christina Aryani
Anggota Komisi I DPR RI
Total: 295 pemberitaan
Reach: 1,7 juta jangkauan

Dave Laksono
Anggota Komisi I DPR RI
Total: 284 pemberitaan
Reach: 2,3 juta jangkauan

Hetifah Sjaifudian
Wakil Ketua Komisi X DPR RI
Total: 205 pemberitaan
Reach: 2,3 juta jangkauan

Lodewijk F. Paulus
Wakil Ketua DPR RI
Total: 184 pemberitaan
Reach: 1,2 juta jangkauan

Ahmad Doli Kurnia
Ketua Komisi II DPR RI
Total: 170 pemberitaan
Reach: 668.788 jangkauan

Cen Sui Lan
Anggota Komisi V DPR RI
Total: 155 pemberitaan
Reach: 185.794 jangkauan

Sarmuji
Wakil Ketua Komisi VI DPR RI
Total: 136 pemberitaan
Reach: 1,6 juta jangkauan

Nurul Arifin
Anggota Komisi I DPR RI
Total: 116 pemberitaan
Reach: 1,5 juta jangkauan {golkarpedia}