Talentanya Dikagumi Ducati, Morbidelli Segera Hengkang ke Tim Italia?

Dengan resmi keluar dari Yamaha, Franco Morbidelli sedang mencari perjalanan baru untuk MotoGP 2024.

Tanpa diragukan lagi, salah satu alur cerita utama dari pasar pembalap 2023 adalah masa depan Franco Morbidelli.

Setelah banyak spekulasi menjelang liburan musim panas, pembalap Italia itu dan Monster Energy Yamaha telah memilih untuk berpisah di akhir musim, dengan Alex Rins (LCR Honda Castrol) menggantikan posisinya sebagai pembalap pabrikan Iwata.

Keputusan ini mengakhiri hubungan kerja lima tahun antara kedua belah pihak, dan menimbulkan pertanyaan, di mana tempat selanjutnya untuk Morbidelli?

Tampaknya tujuan yang paling mungkin adalah Ducati, dengan beberapa tokoh kunci di belakang layar mengakui bahwa itu adalah sesuatu yang ingin mereka lihat.

Direktur Olahraga Ducati, Paolo Ciabatti mengungkapkan kekagumannya kepada pembalap Yamaha tersebut saat berbicara dengan MotoGP.com selama GP Inggris.

“Saya pikir Franco Morbidelli berada dalam momen yang sulit, tetapi dia adalah talenta yang hebat,” kata Ciabatti.

“Kami ingin melihat Morbidelli di Ducati tahun depan. Kita lihat apa yang terjadi dalam beberapa minggu ke depan.”

Tampaknya peluru pabrikan asal Bologna, Italia itu ingin mengguncang segalanya untuk tahun 2024 dan Morbidelli mungkin menjadi bagian dari rencana itu.

Pembalap berusia 28 tahun itu dikaitkan dengan salah satu kursi VR46 yang saat ini ditempati oleh Luca Marini dan Marco Bezzecchi.

Dia sendiri membuka spekulasi saat berada di Silverstone.

“Saya tidak tahu kapan kita akan mengetahui sesuatu, tetapi yang pasti apresiasi secara umum dinikmati,” ucap Morbidelli.

“Saya yakin Luca dan semua VR46 akan melakukan pekerjaan yang sempurna dan kami akan memilih situasi yang tepat untuk kembali tinggal di sana secara konsisten karena itu cukup bagus.”

“Senang mendengar seseorang menginginkanmu! Terlebih lagi jika itu dari skuad Ducati. Ducati adalah motor terbaik. Bukan rahasia lagi. Tidak ada keraguan tentang itu.”

“Itu menyenangkan, tetapi saya fokus untuk mengendarai dan melakukan pekerjaan saya yang terbaik dengan Yamaha.”

Kontrak banyak pembalap dalam jajaran Ducati berakhir pada akhir musim dan masih perlu diperbarui, sementara ada juga keinginan untuk mempromosikan Bezzecchi ke motor pabrikan, dengan Ciabatti mengonfirmasi hal itu.

“Saat ini bukan rahasia lagi bahwa kami ingin bisa memberi Marco Bezzecchi motor pabrikan. Dia menjalani tahun yang sangat baik, memenangkan balapan. Kami harus mengklarifikasi ide kami agar bisa memberinya motor pabrikan tahun depan,” tutur Ciabatti.

“Keputusan tidak akan dibuat antara akhir pekan ini (di Silverstone), tetapi kami akan mengklarifikasi ide dengan tim dan pembalap untuk membuat keputusan setelah Austria.”

Untuk memberi pembalap yang akrab disapa Bez itu di salah satu dari empat mesin pabrikan dibutuhkan untuk naik ke Tim Ducati Lenovo atau Prima Pramac Racing.

Francesco Bagnaia terikat dalam kontrak tim pabrikan untuk 2024, sementara Enea Bastianini (Ducati Lenovo Team) dan Jorge Martin (Prima Pramac Racing) sama-sama memiliki kesepakatan 1+1 untuk 2023, dengan pabrikan.

Kedua pembalap ini belum secara resmi melaksanakan perpanjangan kontrak musim 2024 mereka.

Namun, dari semua pembalap, tampaknya Johann Zarco (Prima Pramac Racing) yang paling berisiko.

Kesepakatan pembalap Prancis itu berakhir pada pengujung 2023 dan meningkatnya pembicaraan tentang kemungkinan beralih ke LCR Honda meskipub Zarco telah menyatakan keinginannya untuk tetap di Ducati.

Tidak peduli bagaimana Anda melihatnya, beberapa keputusan sulit menunggu peluru Bologna, karena lima pembalap dengan empat motor pabrikan tidak akan pergi.

Jika Bezzecchi mendapatkan promosi itu, itu sangat membuka pintu bagi Morbidelli untuk sekali lagi berkendara di bawah VR46 di atas Ducati.

Meskipun demikian, itu semua hanya spekulasi tetapi gambarannya akan menjadi sedikit lebih jelas dalam beberapa minggu mendatang.(Sumber)