News  

Ini Profil KH Anwar Iskandar, Ketua Umum MUI yang Baru

MUI telah menetapkan KH Anwar Iskandar sebagai ketua umum di rapat pleno, Selasa (15/8). Ia menggantikan KH Miftachul Akhyar yang mundur.

Keputusan ini diambil dalam rapat pleno para pimpinan MUI di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan. Rapat dihadiri oleh seluruh Pimpinan Harian, Dewan Pimpinan (DP) MUI, Ketua serta Sekretaris Komisi, Badan/Lembaga yang ada di DP MUI.

“Tadi sudah ditetapkan KH Anwar Iskandar sebagai Ketua Umum MUI menggantikan KH Miftachul Akhyar,” ujar Wakil Ketua Umum MUI Buya Basri Bermanda yang menjadi Ketua Rapat Pleno.

Siapa KH Anwar Iskandar?

KH. Anwar Iskandar dilahirkan di Desa Berasan, Kecamatan Muncar, Banyuwangi pada tanggal 24 April 1950.

Ayahnya bernama KH. Iskandar (Askandar) yang merupakan pendiri dan pengasuh pondok pesantren “Mambaul Ulum” Berasan, Muncar, Banyuwangi.

KH Anwar Iskandar awalnya belajar dan mengaji di pondok pesantren binaan ayahnya sendiri.

Lalu pada tahun 1961, Anwar Iskandar melanjutkan jenjang pendidikannya ke MTs. Ia juga sempat mengenyam pendidikan di Ponpes Lirboyo Kediri pada 1967.

Selain mengaji di Lirboyo, beliau juga pernah mengaji di pondok pesantren lainnya seperti Ploso Kediri, Sarang Rembang, Minggen Demak, dan ilmu Falak di Jember.

Di samping menempuh pendidikan di pondok pesantren KH. Anwar Iskandar juga meneruskan jenjang pendidikan formalnya di Perguruan Tinggi (PT) Tribakti Kediri. Sampai pada tahun 1969 KH. Muh. Anwar Iskandar menyandang gelar Sarjana Muda.

Baru 3 tahun kemudian, KH Anwar Iskandar memutuskan untuk berkuliah di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta jurusan Sastra Arab.

Bidang Politik

Di bidang politik, KH Anwar Iskandar dipercaya untuk memimpin Gerakan Pemuda Ansor (ketua GP Ansor) cabang kotamadya Kediri pada tahun 1975. Jabatan itu diembannya selama dua periode atau selama 8 tahun.

Setelahnya, ia terus membangun karier politiknya. Hingga pada tahun 1998 KH. Anwar Iskandar diangkat menjadi ketua Dewan Syuro (PKB) wilayah Jawa Timur dan juga pernah menjabat sebagai anggota MPR dari utusan daerah Jawa Timur.

Terbaru sebelum menjadi Ketua Umum MUI, KH Anwar Iskandar menjadi Wakil Rais Aam PBNU periode 2021-2026.

Bidang Pendidikan

Sejak didirikannya yayasan Assa’idiyah pada tahun 1982 sampai sekarang, KH. Anwar Iskandar tetap dipercaya sebagai ketua yayasan ini. Di lingkungan yayasan beliau berhasil mengembangkan pendidikan di dalamnya.

Ini bisa dilihat dengan berdirinya sebuah lembaga pendidikan yang ada di yayasan Assa’idiyah seperti TK kusuma mulia, SDI YP Assa’idiyah, Mts Nurul Ula, MA Nurul Ula dan SMU Islam YP Assa’idiyah.

Sejak tahun 1985 sampai sekarang KH. Muh. Anwar Iskandar mendapat kepercayaan dari Akademis Universitas Islam Kadiri (UNISKA) untuk menduduki jabatan sebagai ketua yayasannya.

Sejak didirikannya yayasan Al-Amin pada tahun 1995 hingga sekarang KH. Muh. Anwar Iskandar tetap di percaya menjabat ketua yayasan Al-Amin dan KH. Muh. Anwar Iskandar juga membuka SMK di pondok pesantren tersebut.(Sumber)