Tekno  

Twitter Bakal Minta Pengguna Foto Selfie Dengan KTP, Untuk Apa?

Twitter, atau sekarang bernama X, tampaknya sedang mengembangkan sistem pengecekan baru untuk akun pengguna. Fitur anyar ini kabarnya dibuat untuk mencegah akun bodong yang memakai identitas orang lain.

Aplikasi milik Elon Musk itu tengah mengerjakan fitur verifikasi yang mengharuskan pengguna untuk mengunggah kartu identitas dari pemerintah (KTP untuk Indonesia). Fitur yang belum matang tersebut dibocorkan oleh pengembang aplikasi Nima Owji.

Owji sendiri dikenal sering membocorkan fitur-fitur baru X yang belum dirilis. Dia sebelumnya menemukan lencana ‘ID verified’ di profil Musk pada awal Agustus 2023. Kini, Owji menemukan cara kerja dari ID verified.

“Verifikasi akun Anda dengan memberikan ID yang dikeluarkan pemerintah,” katanya, seperti dikutip Engadget. “Ini biasanya memakan waktu sekitar 5 menit.

“Anda harus upload foto kartu identitas dan mengambil foto selfie langsung.”

– Nima Owji

Twitter disebut bermitra dengan perusahaan Au10tix sebagai pihak ketiga dalam pengerjaan fitur verifikasi akun. Informasi yang ditemukan Owji menyebutkan data yang dibagikan akan dilihat oleh Au10tix dan X, dengan X akan menyimpan foto KTP termasuk data biometriknya selama 30 hari.

Ditambah, X akan menggunakan data identitas yang diunggah pengguna untuk tujuan ‘keselamatan dan keamanan, termasuk mencegah peniruan identitas.’

Au10tix maupun X belum menanggapi kabar fitur verifikasi baru ini.
Sebelumnya, X menghadirkan layanan berlangganan X Premium (dulu namanya Twitter Blue). Layanan berbayar ini menawarkan status terverifikasi alias centang biru kepada pelanggan.

X Premium sempat disalahgunakan oleh pengguna yang tak bertanggung jawab. Mereka membuat akun bodong mengatasnamakan sejumlah brand dan tokoh populer, seperti Nintendo, Valve, Aroldis Chapman, hingga Le Bron James.(Sumber)