Sempat Obesitas, Igor Saykoji Sukses Turunkan BB Hingga 37 Kilogram

Igor Saykoji baru saja membagikan perjalanan dietnya selama beberapa bulan terakhir ini. Rapper yang membawakan lagu So What Gitu Loh? ini mengungkap bahwa dirinya mengalami obesitas karena memiliki berat badan hingga 140 kilogram.

Igor mengaku bahwa ia sudah tak nyaman dengan kondisi tubuhnya hingga memutuskan untuk mengubah pola hidupnya. Mengenai ini disampaikan Igor di kanal YouTube Melaney Ricardo.

“Gue (dulu) semacam denial, ‘gue baik-baik saja’, tapi begitu jalan, kaki sakit dan itu gue enggak baik-baik saja. Kalau gue ingat-ingat, gue kasihan sama diri gue yang itu,” ujar Igor Saykoji seperti dikutip dari video berjudul SAYKOJI DARI 140 KG! BERHASIL TURUN 37 KG!

“Sampai hari ini, gue masih merasa kurang jauh (turunnya). Tapi untuk melihat perjalanannya, kita harus ketemu lagi, sih, jadi bisa kelihatan (prosesnya). Karena memang tidak ada yang instan, semua proses. Bertahun-tahun lo bikin berat badan menjadi besar, ya, lo butuh waktu juga untuk pelan-pelan berat badan lo turun,” sambungnya.

Menurut Igor semua yang dilakukannya saat ini butuh proses. Tak mudah memang mengubah pola makan yang sudah biasa ia lakukan dengan gaya hidup sehatnya saat ini.

Ia mengaku sempat terkejut saat mengetahui berat badannya mencapai 140 kilogram di bulan Oktober 2022.
“Sebenarnya konsepnya sudah tahu (harus diet dan olahraga), tapi di sini (pikiran) belum bisa gue ubah. Kebiasaan hidup dengan sesuatu yang lo lakuin rutin, tiba-tiba lo mau ubah. Ini jauh lebih susah dari lo masih muda,” ujar pria yang telah menginjak usia 40 tahun ini.

Igor Saykoji Akui Doyan Makan Makanan Manis
Igor menegaskan bahwa dirinya sangat mencintai tubuhnya. Namun, ia memang memiliki habit yang buruk di masa lalu.

“I love myself but I hate my habits. Ini bukan soal perkara self love dan menerima orang apa adanya, gue menerima diri gue apa adanya,” ungkap Igor.

Igor mengaku bila sedang merasa sedih ia akan “lari” ke makanan dan itu akhirnya menjadi kebiasaan yang ia lakukan setiap ia merasa sedang dalam kondisi tidak baik-baik saja.

“Dalam kesedihan itu gue isi dengan gue beli makan. Gue akuin ini sifat buruk gue, kalau malam senang banget pesan martabak manis dengan butter wisman, tambah coklat, ekstra keju lalu gue makan anget-anget. Lo dapat ujung yang crispy dan lembut, lo gigit butternya kayak cinta jadi endorfin dan sejenak hal-hal yang sedih di hati sirna,” bebernya.

Kebiasaan yang terus berulang ini akhirnya seperti lingkaran setan dalam kehidupannya. Igor kerap melakukan hal tersebut demi bisa merasakan kebahagiaan dalam hidupnya.

Padahal, rapper yang melejit lewat lagu Online ini menyadari apa yang dilakukannya salah.
“Makin makan, makin berat, makin enggak bisa gerak dan jalan sakit. Sedih lagi, makan lagi, jadi kayak muter-muter, kayak lingkaran setan. Lo merasa secara fisik, badan lo lebih gampang sakit, capek, pinggang, lutut sakit, secara mental down,” katanya.

Igor bahkan mengungkap saat beratnya di angka 140 kilogram dia merasa kakinya sudah tak lagi bisa menopang tubuhnya. Ia merasa sakit di bagian lutut dan tumit setiap berdiri lama.

Kini, Igor berhasil menurunkan berat badannya hingga 37 kilogram ke angka 103 dengan mengubah pola makan dan rutin berolahraga. Ia juga sempat berkonsultasi dengan dokter gizi.(Sumber)