Update Ranking BWF Para Pebulutangkis Indonesia Usai BWF World Championships 2023

GELARAN BWF World Championships 2023 telah berakhir dan seperti biasanya, aka nada pergerakan ranking BWF pada setiap Selasanya. Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) pun sudah mengumumkan update-an terbaru pada Selasa (29/8/2023) dan hasilnya ganda putri Indonesia, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti mengalami peningkatan peringlat.

Keluar sebagai runner up BWF World Championships 2023, peringkat Apri/ Fadia pun langsung meroket di posisi kedelapan dari ranking ke-12 sebelumnya. Selain itu, Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi juga naik hingga tiga tingkat ke posisi 15. Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto juga naik satu tingkat ke ranking 30 dunia.

Lalu dari peringkat tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie, mengalami merosot drastis kali ini. Dia tersingkir dari posisi lima besar dan mendekam di ranking kesembilan. Hal ini tidak lepas dari hasil penampilannya di BWF World Championships 2023.

Apriyani Rahayu/Siti Fadia

Pebulutangkis yang akrab disapa Jojo itu tumbang sejak babak pertama usai dikandaskan wakil Malaysia, Lee Zii Jia, dengan skor 13-21 dan 15-21. Sementara itu rekannya, Anthony Sinisuka Ginting, masih menetap di peringkat dua dunia meski absen.

Begitu juga dengan Chico Aura Dwi Wardoyo yang masih bertahan di posisi ke-21 setelah tumbang di babak kedua BWF World Championships 2023 dari Prannoy H S (India).

Adapun dua penggawa tunggal putri, Gregoria Mariska Tunjung dan Putri Kusuma Wardani (KW) masih tetap di peringkat mereka masing-masing, 8 dan 33. Kemudian di ganda putra banyak pasangan yang mengalami penurunan.

Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan turun ke posisi ke-10, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin ke-11. Sementara Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto bertahan di posisi pertama sedangkan Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri naik dua tingkat ke posisi 13.

Fajar Alfian/Rian Ardianto

Terakhir di ganda campuran, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari menetap di posisi ke-16. Sementara Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja naik dua tingkat ke posisi ke-17. Adapun Rehan Naufal/Lisa Ayu Kusumawati berada di posisi ke-14.(Sumber)