Jokowi Setuju Kursi Ketua MPR Untuk Golkar

Jokowi Setuju Kursi Ketua MPR Untuk Golkar Radar Aktual

Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan partainya siap merebut kursi Ketua MPR. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan sebagai pemenang kedua, Partai Golkar wajar berambisi sebagai Ketua MPR. “Ya saya kira sebagai pemenang yang kedua ya wajar,” kata Jokowi di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (19/5/2019).

Jokowi hanya tersenyum saat ditanya mana yang lebih pantas menjadi Ketua MPR antara PKB dan Golkar. “Semua menginginkan wajar juga,” sebutnya.

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar sempat mengatakan ingin menjabat Ketua MPR. Menanggapi hal itu, Airlangga mengatakan mestinya Golkar yang menjadi Ketua MPR.

Airlangga awalnya menyinggung pemenang pemilu PDIP yang akan otomatis mendapat jatah Ketua DPR. “Dalam UU MD3 bahwa pemenang pemilu akan menjadi Ketua DPR, dalam hal ini PDIP. Dan wakilnya secara berurutan,” kata Airlangga.

Airlangga mengatakan Partai Golkar sebagai pemenang kedua pileg 2019, wajar memperoleh kursi Ketua MPR. Namun dia meminta izin Cak Imin agar kursi Ketua MPR bisa diberikan ke Golkar.

“Tentunya amat wajar ini seizin Pak Muhaimin Iskandar. Apabila nanti pemilihan Ketua MPR yang dipilih dalam sistem paket, paket Koalisi Indonesia Kerja. Wajar juga mengusung paket dengan ketua MPR dari Partai Golkar,” pungkas Airlangga.