Inter Milan Pesta Gol, Hancurkan AC Milan 5-1

Inter Milan meluluhlantakan AC Milan pada Jilid I Derby della Madonnina musim ini. Nerazzurri menang telak 5-1!

Inter sudah memimpin 2-0 pada babak pertama laga di Giuseppe Meazza, Sabtu (16/9/2023) malam WIB, lewat gol-gol Henrikh Mkhitaryan dan Marcus Thuram.

Milan sempat menghidupkan harapan lewat gol Rafael Leao di menit ke-55. Sebelum gelontoran tiga gol dari Mkhitaryan, Hakan Calhanoglu, dan Davide Frattesi memastikan pesta gol tuan rumah.

Inter tetap memuncaki klasemen Serie A 2023/2024 dengan poin sempurna dari empat laga, unggul dua poin dari Juventus (10 poin) di posisi kedua. Milan turun ke posisi ketiga dengan sembilan poin.

 

Jalannya pertandingan Inter Milan vs AC Milan

Baru lima menit laga berjalan, Inter sudah membuka keunggulan lewat gol Henrikh Mkhitaryan. Dari serangan balik di sisi kanan, Marcus Thuram melewati Malik Thiaw untuk memberikan crossing ke tiang jauh.

Bola disundul Federico Dimarco ke Mkhitaryan yang tinggal mencocornya masuk ke gawang. Gol sempat ditinjau VAR karena ada potensi pelanggaran tapi akhirnya disahkan.

s Henrikh Mkhitaryan, right, scores his side’s first goal during a Serie A soccer match between Inter Milan and AC Milan at the San Siro stadium in Milan, Italy, Saturday, Sept.16, 2023. (AP Photo/Luca Bruno)” title=”Inter Milan vs AC Milan” class=”p_img_zoomin” style=”undefined” />Gol pertama Inter Milan dibuat Henrikh Mkhitaryan (Foto: AP/Luca Bruno)

Gol itu membuat Inter lebih lepas dalam bermain dan menguasai tempo, sementara Milan dibiarkan lebih banyak menguasai bola. Meski demikian, tim tamu kesulitan untuk menciptakan peluang.

Milan punya kans pertama bikin gol pada menit ke-31 ketika Giroud dan Theo Hernandez memainkan umpan 1-2 di depan kotak penalti. Theo lantas merangsek ke dalam untuk menuntaskan dengan sepakan yang masih melebar.

Keasyikan menyerang, Milan malah kebobolan lagi pada menit ke-35. Inter kembali mengandalkan serangan balik untuk menjebol gawang tim tamu.

Kali ini Lautaro memberikan umpan daerah kepada Dumfries yang berlari di sisi kanan dan meneruskannya ke Thuram di sisi kiri. Meski dikawal Thiaw, Thuram masih bisa melepaskan sepakan melengkung ke pojok kiri atas gawang Mike Maignan.

s French forward #09 Marcus Thuram (C) scores his team’s second goal during the Italian Serie A football match between Inter Milan and AC Milan at the San Siro Stadium in Milan on September 16, 2023. (Photo by GABRIEL BOUYS / AFP)” title=”Inter Milan vs AC Milan” class=”p_img_zoomin” style=”undefined” />Marcus Thuram membuat skor jadi 2-0 (Foto: AFP/GABRIEL BOUYS)

Skor 2-0 menutup babak pertama Inter Milan vs AC Milan.

Pada babak kedua, Inter gantian mendominasi jalannya laga dengan lebih banyak menguasai bola. Tapi, Milan yang justru bikin gol lebih dulu di babak ini.

Pada menit ke-57, Rafael Leao mendapat umpan terobosan dari Giroud dan dengan mudah masuk ke kotak penalti Inter, sebelum menaklukkan Yann Sommer dari jarak dekat.

s Rafael Leao scores their first goal REUTERS/Daniele Mascolo” title=”Inter Milan vs AC Milan” class=”p_img_zoomin” style=”undefined” />Rafael Leao memangkas ketertinggalan jadi 1-2 (Foto: REUTERS/DANIELE MASCOLO)

Gol itu memang menghidupkan asa Milan untuk mengejar ketertinggalan. Tapi, Inter justru meredupkannya lagi lewat gol ketiga yang dibuat pada menit ke-69.

Mkhitaryan mencatatkan namanya lagi di papan skor setelah menuntaskan umpan tarik Lautaro dengan sepakan keras, yang membentur Thiaw dan masuk ke pojok gawang.

s Henrikh Mkhitaryan scores their third goal REUTERS/Daniele Mascolo” title=”Inter Milan vs AC Milan” class=”p_img_zoomin” />Gol kedua Henrikh Mkhitaryan (Foto: REUTERS/DANIELE MASCOLO)

Inter mendapat penalti pada menit ke-78 usai Lautaro dilanggar Theo Hernandez. Calhanoglu sebagai eksekutor sukses menaklukkan Maignan dan membuat skor jadi 4-1.

Davide Frattesi menambah derita Milan setelah menjebol gawang Maignan pada menit ke-92 memaksimalkan serangan balik. Frattesi dengan bebas muncul dari belakang untuk mencocor umpan terobosan Mkhitaryan.

Skor 5-1 menutup duel Inter Milan vs AC Milan.

Susunan pemain

Inter Milan: Yann Sommer; Matteo Darmian, Francesco Acerbi, Alessandro Bastoni (Stefan de Vrij 74′); Denzel Dumfries, Nicolo Barella (Davide Frattesi 64′), Hakan Calhanoglu (Kristjan Asllani 81′), Henrikh Mkhitaryan, Federico Dimarco (Carlos Augusto 64′); Lautaro Martinez, Marcus Thuram (Marko Arnautovic 64′).

AC Milan: Mike Maignan; Davide Calabria (Alessandro Florenzi 77′), Malick Thiaw, Simon Kjaer, Theo Hernandez; Rade Krunic, Ruben Loftus-Cheek (Yunus Musah 86′); Christian Pulisic (Samuel Chukwueze 56′), Tijjani Reijnders (Luka Jovic 77′), Rafael Leao; Olivier Giroud (Noah Okafor 77′).(Sumber)