News  

Ini Sederet Taipan Dalam Konsorsium Aguan di Proyek IKN Nusantara, Siapa Saja?

Sejumlah taipan menjadi anggota konsorsium Agung Sedayu Grup (AGS) yang diketuai Sugianto Kusuma alias Aguan di proyek Ibu Kota Negara Nusantara atau IKN Nusantara.

Hal ini diketahui dari presentasi ‘Rencana Kerja dan Anggaran Otorita Ibu Kota Nusantara Tahun Anggaran 2023’ yang ditampilkan di rapat bersama Badan Anggaran DPR RI pada Senin, 18 September 2023.

 

Beberapa taipan yang menjadi anggota konsorsium AGS, dikutip dari dokumen tersebut adalah Sugianto Kusuma (Agung Sedayu Grup), Anthony Salim (Salim Grup), Franky Wijaya (Sinarmas Group), Pui Sudarto (Pulau Intan), dan Budi Hartono (Grup Djarum).

Selain itu, ada juga Wiliam Katuari (Wings Group), TP Rahmat dan Boy Thohir (Adaro Group), Prajogo Pangestu (Barito Pacific), Eka Tjandranegara (Mulia Group), dan Soeryadjaya (Grup Astra).

Konsorsium tersebut dikabarkan akan melakukan groundbreaking alias peletakan batu pertama pada 21 September 2023. Deputi Bidang Pendanaan dan Invetasi Otorita IKN Agung Wicaksono menyebut jadwalnya sekitar tanggal 20-an.

 

“Tergantung dari jadwal (Presiden Joko Widodo). Kalau jadwal protokol istana mereka yang tahu,” ujar Agung saat ditemui di Gedung DPD/DPR/MPR RI, Senayan, Jakarta pada Senin, 18 September 2023.

Kepala Otorita IKN Bambang Susantono mengonfirmasi grounbreaking tersebut tergantung Presiden Joko Widodo alias Jokowi. Namun, dia menuturkan Jokowi akan mengunjungi IKN pada 22 hingga 23 September 2023.

“Oh banyak acara beliau, nggak cuma itu (grounbreaking proyek konsorsium IKN),” tutur Bambang Susantono saat ditemui terpisah di Kompleks DPR RI. “Ada juga misalnya direncanakan juga PSSI, training centernya, insya Allah beliau meletakkan batu pertama di situ.(Sumber)