Verstappen dan Perez Gagal Podium di F1 GP Singapura 2023, Lewis Hamilton: Red Bull Terlalu Sombong!

Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton, mengomentari kegagalan dua pembalap Red Bull Racing, Max Verstappen dan Sergio Perez, naik podium di F1 GP Singapura 2023. Dia menilai hal ini terjadi karena Red Bull Racing terlalu sombong merasa sudah sangat kuat.

Sikap yang jemawa ini dinilai Hamilton telah membuat Red Bull Racing tak melakukan banyak peningkatan pada mobil mereka. Padahal, tim-tim lain di F1 terus memingkatkan kekuatan.

Berkaca dari hasil di F1 GP Singapura 2023, Hamilton menilai Mercedes dan tim-tim lainnya, seperti Ferrari dan McLaren, telah melakukan peningkatan pesat pada tahun ini. Sementara Red Bull Racing, mereka jemawa karena sangat mendominasi sejak tahun lalu hingga musim ini sehingga tak membuat banyak perkembangan pada mobil mereka.

“Kami telah membuat kemajuan besar tahun ini, dan McLaren serta Ferrari juga melakukan hal yang sama. Red Bull Racing harus bekerja sedikit lebih keras pada mobil dibandingkan lawan mereka,” kata Hamilton, dilansir dari Speedweek, Senin (18/9/2023).

“Mungkin pemikiran di Red Bull Ring adalah kalau kita sudah sejauh ini, kita tidak perlu lagi melakukan pengembangan yang begitu intensif. Dan itu mungkin salah satu alasan mengapa mereka tidak kuat di Singapura,” tambahnya.

Ya, Verstappen dan Perez datang ke GP Singapura 2023 dengan berhasil memenangkan seluruh 14 balapan yang telah digelar musim ini. Bahkan, Verstappen telah mencatatkan 10 kemenangan berturut-turut yang merupakan rekor terbaik sepanjang sejarah F1.

Akan tetapi, catatan apik tersebut putus dalam balapan di Sirkuit Marina Bay yang berlangsung pada Minggu 17 September 2023 malam WIB. Verstappen hanya mampu finis kelima, sedangkan Perez berada tiga tempat di bawahnya.

Sang juara bertahan finis dengan selisih 21 detik dari sang pemenang, Carlos Sainz Jr (Ferrari). Sementara itu, podium kedua dan ketiga masing-masing diamankan oleh Lando Norris (McLaren) dan Hamilton.

Kendati hanya finis di urutan kelima di Singapura, Verstappen masih nyaman berada di puncak klasemen sementara F1 2023 dengan torehan 374 poin. Dia unggul 151 poin dari Perez yang berada tepat di bawahnya.

Sedangkan Hamilton, dia berhasil naik ke posisi ketiga klasemen dengan raihan 180 poin. Juara F1 tujuh kali itu melangkahi Fernando Alonso (Aston Martin) yang kini berjarak 10 angka di belakangnya.(Sumber)