Presiden Jokowi Apresiasi Gelar Juara Jonatan Christie dan Apriyani/Siti di Hong Kong Open 2023

Presiden RI, Joko Widodo, mengapresiasi titel juara yang diraih Jonatan Christie dan Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti di Hong Kong Open 2023 Super 500. Ia mengucapkan selamat kepada kedua wakil Indonesia.

Indonesia berhasil memboyong dua gelar juara dari ajang Hong Kong Open 2023 lewat Jonatan dan Apriyani/Fadia. Sang jagoan tunggal putra mengalahkan Kenta Nishimoto pada babak final dengan skor akhir 12-21, 22-20 dan 21-18.

Sementara itu, Apriyani/Fadia keluar sebagai juara usai membungkam Pearly Tan/Thinaah Muralitharan di Hong Kong Coliseum, Kowloon. Duet rangking delapan dunia itu juga menang lewat rubber game berdurasi 1 jam 13 menit dengan skor 14-21, 24-22 dan 21-9.

Sayangnya, keberhasilan Jonatan dan Apriyani/Fadia gagal diikuti oleh pasangan ganda putra, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin. Pasangan ranking 11 dunia itu tumbang di laga final dari unggulan ketujuh Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen dengan skor 10-21, 22-24, dan 19-21.

Jokowi pun mengapresiasi perjuangan yang telah diberikan oleh para jagoan bulu tangkis tersebut untuk mengibarkan bendera Merah-Putih di Hong Kong Open 2023. Hal itu diungkapkannya lewat Instagram-nya, @jokowi.

“Tiga laga final menghasilkan dua juara! Hari ini, pemain-pemain bulutangkis Indonesia membawa pulang gelar juara ganda putri dan tunggal putra dari final Hong Kong Open 2023 yang berlangsung di Hong Kong Coliseum,” kata Jokowi.

Diawali dengan pasangan ganda putri Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti menaklukkan pasangan Malaysia Pearly Tan/Thinaah Muralitharan dalam pertandingan yang seru tiga gim. Lalu tunggal putra Jonatan Christie yang berjuang keras untuk mengalahkan Kenta Nishimoto dari Jepang, juga dalam tiga gim,” tambahnya.

“Di final ketiga, ganda putra Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin harus mengakui keunggulan pasangan Denmark Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen dalam pertandingan tiga gim yang menegangkan,” tuturnya.

“Dari Tanah Air, saya menyampaikan selamat atas perjuangan atlet-atlet bulutangkis Indonesia di Hong Kong Open 2023,” pungkasnya.

Jonatan mengakhiri puasa 25 tahun titel juara tunggal putra di Hong Kong Open. Sementara itu, Apriyani/Fadia mencetak sejarah sebagai ganda putri pertama Indonesia yang juara di Hong Kong Open.(Sumber)