Menpora Dito Ariotedjo Ungkap Penyebab JIS Batal Gelar Pembukaan Piala Dunia U17

PENYEBAB pembukaan Piala Dunia U-17 2023 batal dilaksanakan di JIS diungkap Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo. Dito mengatakan bahwa FIFA meminta agar pembukaan ajang tersebut tidak perlu terlalu jor-joran.

Pembukaan Piala Dunia U-17 2023 dipastikan akan digelar di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) pada 10 November 2023. Pembukaan itu bertepatan dengan laga Timnas Indonesia U-17 kontra Ekuador di Grup A.

Dito mengatakan tadinya PSSI akan menyiapkan pembukaan yang cukup berkesan untuk Piala Dunia U-17. Namun, kemungkinan yang akan meriah pada penutupan Piala Dunia U-17 di Stadion Manahan Solo.

“Jadi, dari PSSI dan FIFA putuskan ada sedikit upacara singkat yang akan dilakukan di Stadion GBT karena finalnya di Stadion Manahan, Solo,” ucap Dito di Jakarta, Selasa (19/9/2023).

“Tadinya, Ketua Umum (Ketum) PSSI sempat mengajukan adanya sesi khusus pembukaan Piala Dunia U-17 untuk kontingen, tetapi akhirnya FIFA minta seperti biasa,” tambahnya.

Menpora Dito mengatakan bahwa pembukaan tadinya disiapkan di Jakarta International Stadium (JIS) dengan mengumpulkan semua kontestan. Jadi, rencana awal ada satu hari khusus yang disiapkan untuk pembukaan

Dito Ariotedjo

“Itu yang diajukan PSSI ke FIFA. Maunya semua negara kumpul dahulu di JIS baru ke masing-masing (kota yang menggelar fase grup),” ucapnya.

Piala Dunia U-17 dilaksanakan di empat kota, Jakarta (Jakarta International Stadium), Bandung (Stadion Si Jalak Harupat), Solo (Stadion Manahan), dan Surabaya (Stadion Gelora Bung Tomo). Ajang itu akan berlangsung mulai 10 November sampai dengan 2 Desember 2023.
(Sumber)