Cedera Patah Tulang, MotoGP India 2023 Jadi Mimpi Buruk Adik Marc Marquez dan Adik Valentino Rossi

Dua adik dari dua sosok ikonik MotoGP bernasib apes pada MotoGP India 2023. Adik Marc Marquez, Alex Marquez, serta adik Valentino Rossi, Luca Marini, mengalami kecelakaan hingga patah tulang lalu dinyatakan tidak fit.

MotoGP India 2023 yang seharusnya bisa menjadi chapter baru dalam pengalaman balapan Alex Marquez dan Luca Marini berubah menjadi mimpi buruk.

Dalam satu hari yang sama, mereka sama-sama mengalami kecelakaan yang membuat kondisi fisik dua pembalap tim satelit Ducati itu harus menderita patah tulang.

Alex yang lebih dulu bernasib pedih. Pembalap Gresini Ducati itu mengalami highside cukup keras pada sesi kualifikasi MotoGP India 2023.

Ia mengalami kecelakaan tunggal ketika melintasi tikungan 6 Sirkuit Buddh, Uttar Pradesh, India pada sesi kualifikasi Q1, Sabtu (23/9/2023) siang WIB.

Padahal, saat itu Alex sudah berhasil mengamankan spot menuju Q2. Tetapi insiden yang terjadi di flying lap dia membuat segalanya berubah. Tanda-tanda dia berjalan keluar lintasan dengan memegangi dada sebelah kirinya menjadi sinyal buruk.

Setelah menjalani pemeriksaan medis lebih lanjut, benar saja ada kabar tak enak yang harus sampai ke telinganya.

Dokter MotoGP memutuskan bahwa Alex Marquez mengalami patah dua tulang rusuk sebelah kiri dan dinyatakan tidak fit untuk mengikuti sisa rangkaian perlombaan MotoGP India 2023.

Otomatis, Alex terpaksa absen dari sesi sprint Sabtu sore dan sesi balapan utama yang dijadwalkan pada Minggu (24/9/2023).

Alex jelas dikejar waktu dengan musibah yang menghantamnya. Dia hanya punya waktu kurang dari seminggu untuk pemulihan sebelum chapter MotoGP Jepang 2023 yang berlangsung pada 29 September – 1 Oktober 2023 di Sirkuit Motegi.

Untungnya, di sela-sela sesi sebelum sprint, Alex Marquez terpantau masih tersenyum ceria saat berada di paddock Gresini dengan seragam kaos timnya yang casual dan duduk manis.

Juara Dunia Moto2 dan Moto3 itu mengabarkan bahwa ia belum bisa memastikan kapan comeback dan ada kemungkinan melewatkan chapter Jepang, dengan tetap melihat lagi hasil pemeriksaan lanjut di rumah sakit.

 

Pembalap Gresini Ducati, Alex Marquez mengalami highside cukup keras pada sesi kualifikasi MotoGP India 2023, di Sirkuit Buddh, Uttar Pradesh, India, Sabtu (23/9/2023).

MOTOGP
Pembalap Gresini Ducati, Alex Marquez mengalami highside cukup keras pada sesi kualifikasi MotoGP India 2023, di Sirkuit Buddh, Uttar Pradesh, India, Sabtu (23/9/2023).

 

Sementara itu, Luca Marini mengalami nasib apes saat tampil beraksi di sesi sprint, Jumat sore WIB.

Bencana yang menimpa pembalap Mooney VR46 Racing itu bahkan langsung terjadi sesaat setelah start sesi sprint dimulai.

Marini yang start dari posisi keempat, tak sengaja menyeruduk rekan setimnya sendiri, Marco Bezzecchi yang start dari pole position.

Bezzecchi masih mampu lanjut balapan dan bahkan finis di posisi kelima meski sempat melorot di posisi ke-18.

Sedangkan Marini terduduk lesu ketika insiden itu terjadi dan tak mampu melanjutkan balapan. Ia tampak pasrah setelah kecelakaan tersebut terjadi, yang saat ini juga diinvestigasi oleh Race Director.

Penyebab Marini sampai menyeruduk Bezzecchi belum dirilis, tetapi dari apa yang terlihat pada ses sprint, adik Valentino Rossi itu mengalami masalah pada ban belakangnya yang sempat terangkat cukup tinggi dan seketika membuat Marini berusaha mengerem.

Setelah menjalani pemeriksaan medis lebih lanjut, Marini pun sama apesnya dengan Alex Marquez. Pembalap Italia itu juga mengalami patah tulang.

Marini dilaporkan mengalami patah tulang selangka di bahu kirinya. Dia juga dinyatakan tidak fit.

Melansir dari Sky Sport Italia, Marini pun dipastikan absen pada sesi balapan utama MotoGP India 2023 pada hari Minggu.

Dia dikabarkan akan pulang ke Italia dalam beberapa jam ke depan untuk segera menjalani operasi.(Sumber)