Tekno  

TikTok Shop Resmi Disuntik Mati Mulai Rabu, 4 Oktober 2023

Breaking News! Platform social media dan e-commerce (social commerce) TikTok mengumumkan akan memberhentikan layanan dagang TikTok Shop mulai Rabu (4/10) pukul 17.00 WIB.

“Prioritas utama kami adalah untuk menghormati dan mematuhi peraturan dan hukum yang berlaku di Indonesia. Dengan demikian, kami tidak akan lagi memfasilitasi transaksi e-commerce di dalam TikTok Shop Indonesia, efektif per tanggal 4 Oktober, pukul 17.00 WIB,” tulis Tiktok dalam laman resminya,Selasa (3/10).

Sikap Tiktok ini merupakan buntut dari diterbitkannya Permendag Nomor 31 Tahun 2023 sebagai revisi dari Permendag Nomor 50 Tahun 2020 tentang Ketentuan Perizinan Usaha, Periklanan, Pembinaan, dan Pengawasan Pelaku Usaha dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik.

Beleid tersebut salah satunya mengatur tentang pemisahan bisnis antara media sosial dan e-commerce atau social commerce. Social commerce hanya diperbolehkan sebagai sarana untuk memberikan penawaran dan promosi barang dan atau jasa.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan meninjau Pusat Grosir Asemka, di Jakarta, Jumat (29/9/2023). Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan meninjau Pusat Grosir Asemka, di Jakarta, Jumat (29/9/2023). Foto: Aditia Noviansyah/kumparan

Permendag tersebut diterbitkan pada Senin (26/9) dan resmi melarang social commerce digunakan untuk jual-beli. Meskipun Mendag Zulkifli Hasan saat itu mengatakan, memberi waktu sepekan kepada TikTok Shop untuk menghentikan layanannya.

“Kami akan terus berkoordinasi dengan Pemerintah Indonesia terkait langkah dan rencana kami ke depan,” tulis Tiktok.

Zulkifli Hasan juga menyebutkan, platform social commerce asal China telah bersurat kepada Kementerian Perdagangan. Dalam pernyataannya, TikTok menyampaikan komitmen untuk mematuhi aturan di Indonesia.

“Itu [TikTok] sudah kirim surat sama saya, patuh ikut pada aturan keputusan pemerintah,” tutur Zulhas di sela kunjungannya ke Pusat Grosir Cililitan, Jakarta Timur pada Selasa (3/10).