Anggota Fraksi Demokrat DPRD Padang Pariaman Tabrak Lari Bocah 9 Tahun Hingga Tewas

Anggota DPRD Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar), Januar Bakri, diamankan polisi lantaran diduga sebagai pelaku tabrak lari seorang bocah 9 tahun berinisial BS. Bocah malang ini terpental sejauh 25 meter usai ditabrak, lalu dinyatakan meninggal dunia.

Saat ini Januar Bakri masih menjalani pemeriksaan di Satlantas Polres Padang Pariaman. Polisi belum menetapkan statusnya sebagai tersangka.

Belum Tersangka

“Status diamankan. Kami belum tetapkan (tersangka). Diduga baru. Karena untuk menetapkan tersangka harus dilakukan gelar perkara dulu,” ujar Kanit Penegakan Hukum (Gakkum) Satlantas Polres Padang Pariaman, Ipda Novrialdi, saat dihubungi kumparan Kamis malam (5/10).

Insiden kecelakaan tersebut terjadi di Korong Paguah Duku, Nagari Kuraitaji, Kecamatan Nan Sabaris, pada Selasa (3/10) sekira pukul 21.00 WIB. Usai menabrak bocah, Januar Bakri tancap gas lalu kabur.

Pelat Nomor Tertinggal

Polisi melakukan Olah TKP kasus tertabraknya bocah hingga tewas oleh mobil Anggota DPRD Padang Pariaman. Foto: Dok. Istimewa
Polisi melakukan Olah TKP kasus tertabraknya bocah hingga tewas oleh mobil Anggota DPRD Padang Pariaman. Foto: Dok. Istimewa

Namun nomor polisi (nopol) kendaraan Toyota Avanza yang dikemudikan Januar Bakri tertinggal di lokasi kejadian. Dikatakan Novrialdi, kasus ini akhirnya terungkap berawal dari pelacakan nopol kendaraan.

“Terungkapnya dari nopol kendaraan yang tertinggal di lokasi kejadian. Sehari setelah kejadian itu kami lacak di Samsat didapat identitas kendaraan,” katanya.

“Ternyata pemilik kendaraan ini merupakan pihak rental mobil. Dicari tahu keberadaan siapa yang rental kendaraan itu. Kami koordinasi dengan pihak rental mobil, disebutkan seseorang. Nah dari seseorang ini baru dipindahkan ke Pak Januar Bakri ini,” ujarnya.

Polisi kemudian melacak keberadaan kendaraan yang ternyata didapat ada di kediaman Januar Bakri di kawasan Palapa, Kabupaten Padang Pariaman. Selanjutnya, kendaraan beserta Januar Bakri dibawa untuk proses pemeriksaan.

“Kami amankan dan bawa ke kantor. Diakuinya perbuatannya (tabrak korban). Memang yang bersangkutan yang mengemudi (mobil). Status diduga tersangka, tapi kami gelarkan dulu,” kata Novrialdi.

Kata Partai Demokrat

Januar Bakri sebagai pelaku tabrak lari ini diketahui merupakan anggota fraksi Partai Demokrat DPRD Padang Pariaman. Terkait hal ini, polisi tidak menjelaskan secara detail.

Kepala Badan Komunikasi Strategis (Bakomstra) DPD Partai Demokrat Sumbar, Ari Prima, tak menampik terdapat kadernya yang bernama Januar Bakri sebagai anggota DPRD Padang Pariaman.

“Ini berkaitan dengan tabrakan? Memang ada kader demokrat bernama Januar Bakri. Tapi, sampai saat ini kami belum bisa memastikan apakah Januar Bakri dari Demokrat. Sebab kami sedang berusaha menghubungi beliau, tapi belum bisa dihubungi dari tadi,” kata Ari dikonfirmasi kumparan.

Anggota DPRD Kabupaten Padang Pariaman Januar Bakri. Foto: Dok. Istimewa
Anggota DPRD Kabupaten Padang Pariaman Januar Bakri. Foto: Dok. Istimewa
(Sumber)