Bamsoet Kembali Duduki Posisi 1 Sebagai Anggota Fraksi Partai Golkar DPR RI Terpopuler

Bambang Soesatyo atau Bamsoet sapaan akrabnya untuk kesekian kalinya mendapat predikat sebagai anggota DPR RI terpopuler berdasarkan riset kami, Golkarpedia. Riset mengenai anggota DPR RI terpopuler ini menggunakan jumlah pemberitaan sebagai indikator popularitas.

Anggota DPR yang duduk di gedung parlemen memiliki beberapa tugas dan fungsi, fungsi paling utama ada tiga hal, yakni fungsi legislasi, budgeting dan pengawasan. Dalam menjalankan fungsi-fungsi tersebut, anggota DPR RI jelas harus memiliki kapasitas komunikasi.

Ia harus secara terang menjelaskan kepada rakyat atau konstituen yang memilihnya apa saja pekerjaannya, bagaimana aspirasi yang dihembuskan rakyat dan lainnya.

Parlemen sendiri diambil dari kata “le Parle” yang mempunyai makna “bicara”. Jadi, jangan heran apabila orang-orang yang duduk di kursi parlemen adalah orang-orang yang “suka” berbicara di depan publik, karena memang tugas-tugasnya sebagai penyambung lidah rakyat kepada negara.

Saluran seorang anggota parlemen untuk berbicara adalah media publik. Media bisa menjadi indikator mengenai efektifitas kinerja seorang anggota parlemen diukur, dari apa yang dibicarakannya atau secara sengaja mempublikasikan kinerjanya.

Berangkat dari alasan ini, kami Golkarpedia.com mengadakan riset terkait anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar yang paling banyak diberitakan dalam kurun periode bulan September 2023. Pemberitaan seorang anggota DPR RI, bisa menjadi indikator populisme yang ia miliki.

Untuk urutan pertama, anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar yang paling banyak diberitakan adalah Bambang Soesatyo atau Bamsoet. Bamsoet merupakan legislator Partai Golkar yang duduk sebagai Ketua MPR RI.

Bamsoet pada periode September 2023 memiliki jumlah pemberitaan sebanyak 1.411 pemberitaan. Jangkauan pemberitaan mengenai Bamsoet sendiri sangat besar, mencapai 8,2 juta reach. Berita mengenai Bamsoet didominasi oleh pesan Bamsoet tentang peningkatan kualitas perguruan tinggi di Indonesia.

Selain itu ada pula pemberitaan tentang ucapannya tentang arah dukungan Partai Golkar di Pilpres 2024 yang bakal ditegaskan melalui forum Rapimnas. Kemudian tentang pertemuannya dengan IKANO UNPAD, pada kesempatan itu, Bamsoet mendorong agar para notaris ikut adaptasi dengan kemajuan tekhnologi yang ada.

Urutan kedua, ada nama Ahmad Doli Kurnia yang menjabat sebagai Ketua Komisi II DPR RI. Komisi II DPR membidangi urusan dalam negeri, sekretariat negara dan Pemilu. Ahmad Doli Kurnia pada September 2023, memiliki jumlah pemberitaan sebanyak 737 berita dengan jangkauan mencapai 5,7 juta reach.

Berita mengenai Ahmad Doli Kurnia di antaranya adalah tentang kabar perpanjangan masa pendaftaran Capres dan Cawapres hingga tanggal 19-25 Oktober 2023 yang disetujui oleh Komisi II DPR RI. Kemudian tanggapan Doli Kurnia tentang wacana Ridwan Kamil yang akan diambil PDIP sebagai pendamping Ganjar Pranowo. Ada pula pemberitaan mengenai kabar tenggat waktu pelaksanaan Pilkada yang bakal diatur melalui Perppu.

Di tempat ketiga ada nama, Ace Hasan Syadzily, ia duduk sebagai Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI yang membidangi urusan agama dan bidang sosial. Ace Hasan Syadzily memiliki jumlah pemberitaan sebanyak 492 pemberitaan dan jangkauan beritanya adalah sebesar 3,3 juta jangkauan.

Pemberitaan mengenai Ace Hasan Syadzily di antaranya adalah mengenai kunjungannya ke TPA Sarimukti dan solusi penanganan sampah di Bandung. Lalu terkait dengan ketidaksetujuannya mengenai terkait wacana pesantren dijadikan sarana atau tempat berkampanye politik.

Selanjutnya ada pula pemberitaan tentang penolakannya terhadap penayangan film His Only Son yang sempat memicu pro dan kontra di kalangan masyarakat. Tentang evaluasi penyelenggaraan haji 2023 dan persiapan penyelenggaraan Haji tahun 2024 juga turut menjadi fokus berita Ace Hasan Syadzily.

Posisi keempat ada nama Dave Akbarshah Fikarno atau akrab disapa Dave Laksono, anggota Komisi I DPR RI. Komisi ini membidangi lingkup tugas luar negeri, informasi telekomunikasi, pertahanan keamanan dan intelijen. Di September 2023, Dave Laksono memiliki jumlah pemberitaan sebanyak 356 pemberitaan dengan jangkauan mencapai 3,3 juta reach.

Pemberitaan mengenai Dave Laksono didominasi oleh tanggapannya mengenai kabar Presiden Jokowi yang mendapatkan laporan intelijen mengenai arah politik Parpol di Pemilu 2024. Bagi Dave Laksono hal tersebut bukanlah hal aneh yang harus diperdebatkan. Kemudian ada pula berita tentang kunjungan kerja yang dilakukan Dave Laksono ke Huawei Joint Innovation Centre.

Hal lainnya adalah tentang kode yang dilemparkan oleh Dave Laksono terkait partai biru yang bakal bergabung dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM). Belakangan partai yang dimaksud adalah Partai Demokrat. Selain itu ada juga pemberitaan yang memuat imbauan Dave Laksono pada MK agar tak mengakomodir kepentingan orang per orang.

Pada September 2023, kami melakukan pembaharuan dari yang sebelumnya ada 10 orang menjadi hanya 4 orang yang kami cantumkan. Penyempitan yang kami lakukan dalam rangka turut mensosialisasikan nomor urut 4 milik Partai Golkar. Hingga nomor 4 nanti akan menjadi top of mind di publik jika disebutkan terus menerus.

Daftar mengenai 4 anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar Terpopuler berdasarkan jumlah pemberitaan ini masih dapat berubah setiap bulannya dan kami redaksi Golkarpedia.com pun akan memperbarui daftar ini pada tiap periodenya. Semoga daftar ini menjadi pemicu semangat dari masing-masing anggota DPR RI agar lebih banyak bersuara di media.

Anggota Fraksi Partai Golkar DPR RI Terpopuler Berdasar Kuantitas Pemberitaan Periode September 2023

1. Bambang Soesatyo
Ketua MPR RI
Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar
Total: 1.411 pemberitaan
Reach: 8,2 juta jangkauan

2. Ahmad Doli Kurnia
Ketua Komisi II DPR
Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar
Total: 737 pemberitaan
Reach: 5,7 juta jangkauan

3. Ace Hasan Syadzily
Wakil Ketua Komisi VIII DPR
Ketua DPD I Partai Golkar Jabar
Total: 492 pemberitaan
Reach: 3,3 juta jangkauan

4. Dave Laksono
Anggota Komisi I DPR
Ketua Umum PPK Kosgoro 1957
Total: 356 pemberitaan
Reach: 3,3 juta jangkauan {golkarpedia}