News  

Beredar Minuman Saset AO di Surabaya, Diduga Mengandung Miras

Beredar sebuah imbauan kepada orang tua di Surabaya untuk melarang anak-anaknya mengkonsumsi minuman saset dengan merek ‘AO Asli Otentik’.

Dalam imbauan tersebut juga disebutkan apabila ada orang tua yang menemukan anak-anaknya mengkonsumsi minuman tersebut untuk segera merampasnya. Pasalnya, seperti disebutkan dalam imbauan tersebut, jika minuman dalam kemasan saset itu adalah miras (minuman keras) yang menyasar anak-anak. Pada imbauan tersebut tertulis ‘Ttd Puskesmas Tanah Kali Kedinding.

Saat dikonfirmasi Basra terkait imbauan tersebut, Kepala Puskesmas Tanah Kali Kedinding dr Era Kartikawati, membenarkan jika imbauan tersebut di share oleh petugas Puskesmas (PKM).

” Nggih (iya) itu memang di share oleh PKM tapi tanpa tulisan ttd nya,” ujar Era, Selasa (10/10).
“Jadi info ini kami dapat dari Dinkes terus dicopas oleh petugas kami dan di share di grup WA UKS yang di dalamnya ada guru-guru sekolah. Sepertinya salah satu guru menambah tulisan ttd sehingga jadi ramai,” sambungnya.

Terkait kebenaran apakah minuman saset tersebut mengandung miras, Era tak mengetahuinya secara pasti.
“Jadi kebenaran berita ini monggo (silakan) bisa ditanyakan di Dinkes nggih (ya). Ini hanya imbauan saja kok,” pintanya.

Era juga mengatakan sejauh ini pihaknya belum menemukan atau menangani kasus anak yang terganggu kesehatannya imbas mengkonsumsi minuman saset tersebut.
“Tidak mbak,” tegasnya.

Basra telah mengkonfirmasi adanya edaran imbauan tersebut kepada Kepala Dinas (Dinkes) Kota Surabaya Nanik Sukristina. Namun yang bersangkutan belum merespons.(Sumber)