Sekjen PDIP: Cawapres Ganjar Bakal Diumumkan Dulu Baru Didaftarkan

Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menjelaskan bahwa pihaknya akan terlebih dulu mendeklarasikan bakal calon wakil presiden (cawapres) dari Ganjar Pranowo. Setelah pasangan tersebut diumumkan, barulah kerja sama politiknya mendaftarkannya ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Sebagai momentum politik, kalau dari pengalaman 2014, 2019, diumumkan dulu baru kemudian dilakukan pendaftaran. Karena dua peristiwa yang mempunyai makna yang berbeda,” ujar Hasto di Kantor Tim Pemenangan Nasional Ganjar Presiden (TPN GP), Jakata, Rabu (11/10/2023).

Kubu pengusung Ganjar berkaca terhadap pasangan Joko Widodo (Jokowi) pada 2014 dan 2019. Saat nama Muhammad Jusuf Kalla (JK) dan KH Ma’ruf Amin dideklarasikan dulu, barulah didaftarkan sebagai pasangan ke KPU.

“Ya bisa seperti itu, bisa juga sebelum pendaftaran diumumkan, tapi itu dua peristiwa yang berbeda. Pengumuman (cawapres) dulu, baru pendaftaran,” ujar Hasto.

Adapun nama bakal cawapres untuk Ganjar, para ketua umum partai politik terus melakukan pencermatan. Pada momentum yang tepat, sosok tersebut tentu akan diumumkan.

“Kami selalu berpedoman bahwa politik itu memegang konstitusi, memegang etik, politik memegang aturan main. Politik itu menempatkan kedaulatan rakyat sebagai hal yang paling fundamental untuk didengarkan,” ujar Hasto.(Sumber)