5 Fakta Unik Hotspur dan Liverpool di Liga Champions

Liverpool dan Tottenham Hotspur akan berebut trofi Si Kuping Besar di partai final Liga Champions. Berbagai fakta menarik perlu disimak sebelum menyaksikan sendiri laga tersebut.

Pertandingan final akan berlangsung di Estadio Wanda Metropolitano, Madrid, Minggu (2/6/2019) dinihari waktu Indonesia. Tottenham berstatus sebagai penantang karena baru melakoni final pertamanya di Liga Champions. Sedangkan Liverpool adalah tim Inggris tersukses si Liga Champions berbekal lima trofi yang sudah mereka kumpulkan.

Fakta Menarik

  1. Merupakan final pertama Tottenham di Liga Champions. Sebelumnya catatan terbaik The Lilywhites hanya semifinal (1961-1962). Sementara bagi Liverpool, laga tersebut merupakan kesempatan mereka untuk meraih gelar juara Liga Champions untuk keenam.
  2. Sejak tahun 2000 terdapat enam laga final dengan dua tim dari negara yang sama. Real Madrid vs Valencia (2000) dan Real Madrid vs Atletico Madrid (2014 dan 2016). AC Milan vs Juventus (2003), Bayern Munchen vs Dortmund (2013), Manchester United vs Chelsea (2008).
  3. Tottenham Hotspur menjadi tim Inggris kedelapan yang tampil di final kompetisi Eropa. Klub-klub asal Inggris paling banyak tampil di final kompetisi Eropa. Sekadar informasi, Italia dan Jerman cuma ada enam tim.
  4. Madrid sudah empat kali jadi tuan rumah partai final. Tapi dalam semua kesempatan itu, pertandingan selalu digelar di Santiago Bernabeu.
  5. Kedua tim sama-sama menyandang predikat ‘spesialis comeback’ karena menyegel tiket final setelah mencetak comeback atas lawan masing-masing. Liverpool comeback atas Barcelona, sedangkan Tottenham comeback atas Ajax. [sindonews]