Ini 5 Anak Didik ‘The Doctor’ Valentino Rossi

Valentino Rossi dikenal sebagai guru besar sekaligus sosok legenda MotoGP. Rossi yang memutuskan pensiun kemudian mendirikan akademi balap VR46 Riders Academy. Dari sana lahirlah sejumlah pembalap ternama yang bersaing di ajang MotoGP saat ini.

Awalnya, The Doctror mendirikan akademi tersebut untuk menggali minat, bakat serta potensi anak muda Italia dalam dunia balap. Hasil didikannya pun berbuah manis sebab saat ini anak didiknya sudah terjun langsung untuk bersaing di kelas utama.

Lantas siapa saja anak didik Valentino Rossi? Berikut Okezone telah merangkum beberapa sumber, Senin (16/10/2023).

1. Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo)


Diketahui sosok Francesco Bagnaia merupakan rider pembalap MotoGP yang dididik oleh Valentino Rossi di VR46 Riders Academy. Perjalanan karir Pecco ini sangatlah mulus dengan lawan berat dikelasnya seperti Fabio Quartararo dan Maverick Vinales.

Bagnaia saat ini merupakan pembalap andalan Ducati Lenovo. Berhasil menyabet gelar juara MotoGP 2022, rider Italia itu berpeluang mempertahankan gelar tersebut musim ini.

2. Franco Morbidelli (Monster Energy Yamaha)

Pembalap MotoGP kedua didikan Valentino Rossi adalah Franco Morbidelli. Kiprahnya di kelas utama MotoGP dimulai pada 2018 lalu bersama tim Marc VDS Honda.

Morbidelli naik ke kelas utama usai berhasil menyabet gelar juara dunia di kelas Moto2 pada edisi 2017. Sayang, performa Morbidelli bersma tim Monster Energy Yamaha di ajang MotoGP mengalami penurunan beberapa musim terakhir.

3. Marco Bezzecchi (Mooney VR46)


Pembalap didikan Valentino Rossi di VR46 Riders Academy berikutnya adalah Marco Bezzecchi. Dirinya dikenal memiliki gaya balap yang mirip dengan sang guru, Valentino Rossi.

Bezzecchi saat ini memperkuat tim Mooney VR46 bentukan The Doctor. Pada MotoGP 2023 ini ia menjadi salah satu pesaing juara dengan berada di peringkat ketiga pada klasemen sementara.

4. Luca Marini (Mooney VR46)


Sosok pembalap Luca Marini diketahui merupakan anak didik Valentino Rossi yang paling mendapat sorotan. Mengapa demikian? Hal itu dikarenakan Luca Marini memiliki hubungan darah yang merupakan adik tiri dari Valentino Rossi.

Luca Marini merupakan rekan setim dari Marco Bezzecchi di tim Mooney VR46. Meski belum begitu menonjol, performa Marino cukup mencuri perhatian di kelas MotoGP

5. Celestino Vietti (Kalex)


Celestino Vietti lahir di Cirie, Italia, pada 13 Oktober 2001. Ia merupakan pebalap jebolan VR46 Riders Academy milik Valentino Rossi.

Vietti saat ini berjuang di kelas Moto2 bersama tim Kalex. Ia berada di peringkat enam pada klasemen sementara dengan koleksi 106 poin.(Sumber)