News  

15 Kereta LRT Jabodebek Rusak, 28 Perjalanan Dibatalkan, Ini Penyebabnya

15 sarana kereta LRT Jabodebek dilaporkan mengalami masalah pada hari ini. Imbasnya, sebanyak 28 perjalanan kereta dibatalkan. Setidaknya, dalam beberapa hari ke depan, jadwal 28 pembatalan perjalanan itu dipastikan masih akan terus terjadi, mengingat proses perawatan kereta membutuhkan waktu yang lama dan kapasitas bengkel kereta tidak bisa langsung sekaligus melakukan perawatan.

Manager Public Relations LRT Jabodebek Kuswardoyo pembatalan juga mengakibatkan sejumlah perjalanan LRT Jabodebek, headway atau jarak kedatangan antar kereta menjadi lebih panjang.

Saat ini, sejumlah sarana LRT Jabodebek sedang memasuki masa perawatan untuk memastikan perjalanan LRT Jabodebek aman dan nyaman. Pada masa perawatan ini mengharuskan sejumlah sarana kereta tidak dapat dioperasikan, hingga perawatan selesai dilaksanakan.

Beberapa perawatan yang dilakukan antara lain, 13 TS harus melakukan bubut roda untuk memastikan kondisi roda sesuai dengan apa yang menjadi syarat perjalanan LRT Jabodebek, sedangkan 2 TS sarana mengalami gangguan pada integrasi sistem persinyalan.

“Proses pembubutan roda untuk 1 TS memerlukan waktu antar 5-7 hari. Tentunya kita berusaha semaksimal mungkin agar pekerjaan perawatan tersebut bisa sesegera mungkin terselesaikan,” jelas Kuswardoyo.

Kondisi diperparah dengan kapasitas bengkel perawatan kereta yang terbatas, sehingga memungkinkan butuh waktu yang tidak sebentar agar perjalanan kereta LRT Jabodebek normal kembali.

“Betul hanya 1 TS untuk sekali pembubutan dan memerlukan waktu antara 5-7 hari pengerjaan,” tambahnya.

“Keamanan menjadi prioritas bagi operasional LRT Jabodebek, untuk itu kami dengan terpaksa menghentikan operasi sejumlah trainset untuk dilakukan perawatan sesuai dengan jadwal perawatan yang ada,” ungkapnya.

LRT menyampaikan permohonan maaf atas adanya gangguan perjalanan dan pelayanan KA yang terjadi, “Saat ini kami bersama seluruh stakeholders tengah berupaya semaksimal mungkin agar proses perawatan dapat dengan segera terselesaikan, sehingga operasional perjalanan LRT Jabodebek kembali normal,” tutupnya.

Berikut jadwal sejumlah perjalanan kereta LRT Jabodebek yang dibatalkan.