Bintang Film ‘Parasite’ Lee Sun Kyun tersandung kasus narkoba

Aktor Lee Sun Kyun sedang jadi sorotan seusai diberitakan keluar dari produksi drama terbarunya berjudul “No Way Out”. Keputusan diambil setelah ia tersandung kasus narkoba pada pekan lalu.

Mengutip dari kanal Citizen Liputan6.com, diketahui drama Korea (drakor) tersebut masih dalam tahap awal produksi dan jadwal syutingnya belum ditunda. Dengan begitu, kemungkinan besar susunan pemainnya akan diubah menyusul kasus hukum yang membelit bintang film Parasite tersebut.

Wajah Lee Sun Kyun sudah akrab bagi sebagian besar penikmat film dan drama Korea. Ia membintangi banyak proyek sukses, selain Parasite. Ia pernah pula beradu akting dengan aktris sekaligus penyanyi IU dalam film My Mister.

Mengutip dari laman Korean Film, Selasa (24/10/2023), Lee Sun Kyun diketahui lahir pada 2 Maret 1975. Dia terjun ke akting melalui klub drama di kampusnya. Dengan ambisinya untuk menjadi aktor, ia pun memutuskan untuk keluar dari universitas itu hanya berselang satu tahun dan pindah ke Universitas Seni Nasional Korea Selatan yang baru didirikan pada 1994.

Berkat aktingnya di film pendek berjudul “Psycho Drama” pada 2000, ia membuat debut yang luar biasa di atas panggung sebagai Brad dalam musikal berjudul “Rocky Horror Picture Show” di 2001. Kesuksesannya segera diikuti dengan peran berulang dalam sitkom “Lovers” selama 2001–2002.

Lee Sun Kyun segera menyadari bahwa tidak mudah untuk masuk ke industri film. Dia muncul sebagai dokter yang mendukung pemeran utama wanita yang berjuang melawan kanker di “Scent of Love”, dan sebagai salah satu sejoli di “Love So Divine”.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini

Dilansir Liputan6.com dari Soompi, Jumat (20/10/2023), Agensi Lee Sun Kyun mengungkapkan masih melakukan verifikasi atas kabar artisnya yang terlibat kasus narkoba. Terlebih, kasus tersebut masih dalam masa penyelidikan hingga belum diketahui secara detail.

Sun Kyun akhirnya diperhatikan ketika dia berperan sebagai pria manis dan romantis dalam serial drama TV populer “Coffee Prince” pada 2007 dan seorang dokter yang jujur dalam serial drama medis “Behind the White Tower” pada 2007.

Aktor berusia 48 tahun itu lalu sempat menyempurnakan kemampuan aktingnya dengan bekerja sama dengan Hong Sangsoo, dimulai dengan “Night and Day” pada 2008, di mana ia berperan sebagai pelajar internasional dari Korea Utara.

Dia menindaklanjutinya dengan film pendek berjudul “Lost in the Mountains”, kala itu dia berperan sebagai seorang pria yang digunakan sebagai “umpan” oleh seorang wanita yang ingin memprovokasi pacarnya. Lee juga membintangi “Sakwa” pada 2005, sebuah melodrama layar yang dirilis pada 2008 yang mendapat pujian kritis karena penggambaran romansa yang realistis.

Lee menikmati popularitas di kalangan penonton wanita setelah tampil dalam serial drama TV “Pasta” yang tayang pada 2010. Serial menampilkan sebuah kisah kerja dan cinta berlatar dapur sebuah restoran Italia dan film “Petty Romance” di tahun yang sama, tentang seorang kartunis dewasa yang mencari cinta.

Popularitas Lee Sun Kyun di Mata Penonton Wanita
Pemain ‘Parasite’ Lee Sun Kyun Diduga Terlibat Kasus Narkoba, Bikin Netizen Terkejut
Beberapa waktu terakhir media Korea Selatan mengungkapkan adanya aktor berinisial ‘L’ yang terlibat kasus narkoba dan diamankan pihak kepolisian. Dalam unggahannya, disebutkan pula jika aktor tersebut terbilang populer dan berusia 40-an serta telah menikah dan debut pada 2001.
Pada 2011, Lee membintangi bersama aktor veteran Park Joonghoon dalam drama polisi berjudul “Officer of the Year”. Pada tahun 2012 ia menyerbu box office dengan Kim Minhee dalam film thriller misteri “Helpless” pada 2011.

Dengan Lim Soojung dalam All About Wife pada 2012. Lee bekerja sama dengan Hong sekali lagi untuk judul “Nobody’s Daughter Haewon” pada 2012 dan “Our Sunhi” di tahun yang sama.

Dengan itu, ia memenangkan Penghargaan Sutradara Terbaik di Festival Film Internasional Locarno pada 2013. Lee makin dikenal khalayak yang lebih luas ketika dia berperan sebagai ayah dari keluarga kaya dalam “Parasite” yang mendapat penghargaan dari dunia internasional, termasuk Piala Oscar pada 2020 sebagai Film Terbaik.

Kini, masa depan kariernya dipertanyakan mengingat dunia hiburan Korea Selatan sangat mengutamakan citra. Kasus narkoba yang membelitnya pertama kali diangkat pada Kamis, 19 Oktober 2023. Media setempat mendapat laporan dari kepolisan bahwa mereka sedang menginvestigasi seorang aktor yang diduga menggunakan narkoba. Awal pemberitaan, media menyebut tersangka merupakan aktor terkenal berusia 40 tahunan.

Berstatus Tersangka Penyalahgunaan Narkoba
Pemain ‘Parasite’ Lee Sun Kyun Diduga Terlibat Kasus Narkoba, Bikin Netizen Terkejut

Nama Lee Sun Kyun pun langsung menjadi sorotan usai adanya kabar tersebut. Kini, usai nama sang aktor ramai diperbincangkan, pihak agensi HODU&U Entertainment buka suara.

Pada 20 Oktober 2023, HODU&U Entertainment mengonfirmasi bahwa Lee Sun Kyun Saat ini terlibat dalam investigasi narkoba, namun mereka tidak mengonfirmasi apakah tuduhan penggunaan narkoba itu benar.

“Pertama-tama, kami ingin meminta maaf atas kekhawatiran yang ditimbulkan oleh laporan tentang aktor Lee Sun Kyun, rekan satu label di perusahaan kami. Kami mengonfirmasi fakta sebenarnya dari tuduhan yang saat ini diajukan terhadap aktor Lee Sun Kyun. Kami akan terlibat dalam penyelidikan oleh lembaga investigasi yang masih berlanjut,” pernyataan dari pihak agensi aktor Korea Selatan tersebut.

Lee Sun Kyun kini berstatus tersangka penyalahgunaan narkoba, pada Senin, 23 Oktober 2023. Badan Kepolisian Metropolitan Incheon menyatakan ia memberi tuduhan Lee Sun Kyun atas dugaan penggunaan narkoba, termasuk ganja.

Langkah tersebut diambil usai polisi melakukan penyelidikan terhadap delapan orang termasuk sang aktor. Ikut diselidiki pula generasi ketiga keluarga konglomerat dan seorang calon artis, terkait dugaan penggunaan obat-obatan terlarang.(Sumber)