Ini 5 Kelebihan Sirkuit Mandalika Dibanding Sirkuit Sepang Malaysia

SEBANYAK lima kelebihan Sirkuit Mandalika ketimbang Sirkuit Sepang Malaysia akan dibahas di sini. Salah satunya adalah hal yang memanjakan para penonton.

MotoGP baru saja singgah ke Sirkuit Mandalika pada beberapa waktu lalu. Tahun 2023 ini menjadi ajang balap MotoGP yang kedua setelah yang pertama pada tahun 2022 lalu.

Sirkuit Mandalika

Kini, MotoGP masih menyisakan beberapa balapan lagi, termasuk di antaranya di Malaysia, yang akan dihelat di Sirkuit Sepang pada tanggal 10-12 November 2023 mendatang. Jika dibandingkan dengan Sirkuit Sepang, ada lima kelebihan Sirkuit Mandalika.

Berikut 5 Kelebihan Sirkuit Mandalika ketimbang Sirkuit Sepang Malaysia

5. Konsep Street Circuit

Sirkuit Mandalika

Sirkuit Mandalika mengusung konsep street circuit. Jadi, jika tidak ada balapan, sirkuit itu bisa dialihfungsikan untuk berbagai hal, termasuk tempat berlibur.

Selain itu, Sirkuit Mandalika memiliki aksen lokal di permukaan jalur. Contohnya adalah corak Subahnale pada lintasan yang berasal dari Suku Sasak di Pulau Lombok

4. Aspal yang Canggih

Sirkuit Mandalika

Sirkuit Mandalika memiliki teknologi aspal yang luar biasa baik, yaitu Stone Mastic Asphalt (SMA). Dengan aspal ini, risiko kecelakaan pun berkurang karena tidak akan licin jika hujan.

Jenis aspal ini juga digunakan pada tiga sirkuit internasional lainnya. Ketiga sirkuit tersebut adalah Silverstone (Inggris), Yas Marina (Abu Dhabi), dan Phillip Island (Australia).

3. Trek yang Menantang

Sirkuit Mandalika

Sirkuit Mandalika diketahui memiliki lintasan yang menantang dan tidak membosankan. Hal itu pernah diungkap oleh pembalap kelas dunia, Marc Marquez, dalam sebuah wawancara di Mandalika.

“(Bagian paling menantang) tikungan 5, 6, dan 7. Ini adalah belokan ke kanan sebanyak tiga kali. Sangat cepat dan kecepatan motor juga meningkat terus dan itu bagi saya sangat sulit,” kata Marc Marquez, mengutip dari laman resmi Repsol Honda.

2. Tikungan yang Lebih Banyak

Sirkuit Mandalika

Sirkuit Mandalika memiliki total 17 tikungan dalam panjang sirkuit 4,3 km. Sementara itu, Sirkuit Sepang diketahui memiliki 15 tikungan.

Kendati memiliki tikungan lebih banyak, Sirkuit Mandalika tidak lebih panjang ketimbang Sepang. Sepang sendiri memiliki panjang hingga 5,5 km namun dengan tikungan yang lebih sedikit.

1. Panorama Alam yang Indah

Sirkuit Mandalika

Sirkuit Mandalika berada di tepi pantai dengan panorama yang indah, perbukitan yang dikelilingi oleh laut. Hal ini tentunya memanjakan bagi para penonton.

Tak sekadar menyaksikan aksi para pembalap di lintasan, mereka juga bisa memanjakan mata dengan pemandangan yang indah. Hal ini tentu berbeda dengan Sirkuit Sepang yang dikelilingi oleh pepohonan saja.(Sumber)